PT BIB Ajak Pemudik Angkutan Udara Tetap Waspada Saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

PT BIB Ajak Pemudik Angkutan Udara Tetap Waspada Saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Foto : BP Batam

Batam, Batamnews - PT Bandara Internasional Batam (BIB) mengimbau kepada seluruh pemudik maskapai penerbangan untuk tetap waspada menghadapi puncak arus mudik lebaran 2023. 

Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, mengingatkan agar para pemudik datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan.

Pikri menjelaskan bahwa para pemudik dapat melakukan web check-in atau mobile check-in melalui situs resmi maskapai terlebih dulu guna menghemat waktu, terutama bagi mereka yang hanya membawa bagasi kabin. 

Ia juga menyarankan agar para pemudik tidak membawa barang terlalu banyak dan terlalu besar serta menyiapkan dokumen yang diperlukan agar tidak ada kendala selama di bandara.

Selama puncak arus mudik lebaran 2023, PT BIB akan memperketat keamanan serta memaksimalkan pelayanan terhadap pengguna jasa angkutan udara. 

Mereka telah mendirikan pos koordinasi (posko) di kawasan bandara yang melibatkan beberapa instansi terkait.

PT BIB juga berkoordinasi dengan seluruh maskapai untuk mempersiapkan semua peralatan dan infrastruktur pendukung kesiapan operasi serta layanan. 

Pikri juga mengimbau pihak airline untuk mempersiapkan pesawat dan SDM dalam mendukung sistem kelancaran operasional dan layanan.

Rute Jakarta, Padang, dan Pekanbaru Paling Padat

PT Bandara Internasional Batam (BIB) mengungkapkan bahwa rute penerbangan menuju Jakarta, Padang, dan Pekanbaru menjadi yang paling padat selama musim mudik lebaran 2023. 
Selain itu, rute menuju Palembang dan Pontianak juga masih mendominasi jumlah penumpang dibandingkan dengan daerah tujuan lainnya.

Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan bahwa terjadi peningkatan arus penumpang sebesar 47% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Pada tanggal 18 April 2023, jumlah penumpang mencapai 13.377 orang atau naik 21,9% dibandingkan tahun 2022 yang hanya sebanyak 10.976.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, persentase kenaikan penumpang angkutan udara sudah berada di tren positif sejak tahun lalu. 

Total penumpang tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 66,88% dibandingkan tahun 2021 lalu, yaitu mencapai 3,46 juta penumpang.

Pikri menjelaskan bahwa tren positif ini selaras dengan tujuan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang terus berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan Bandara Internasional Hang Nadim. 

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. 

Pikri menambahkan bahwa meskipun rute menuju Jakarta, Padang, Palembang, Pekanbaru, dan Pontianak menjadi yang paling diminati, namun pesawat semua tujuan juga penuh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews