Antrean Panjang Tiket Antarpulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura Menandakan Dimulainya Arus Mudik Lebaran

Antrean Panjang Tiket Antarpulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura Menandakan Dimulainya Arus Mudik Lebaran

Warga mulai mengantri di pintu masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura untuk membeli tiket kapal. (Foto: Jal)

Tanjungpinang, Batamnews - Sejumlah pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik antarpulau mulai memadati loket penjualan tiket di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Pada hari Sabtu, 30 Maret 2024, antrean panjang terlihat di depan loket penjualan tiket, terutama untuk tujuan Kabupaten Lingga.

Salah satu penumpang yang berhasil mendapatkan tiket menyatakan bahwa ia telah berada dalam antrean sejak pukul 08.00 WIB pagi. 

"Semalam saya datang jam 10.00 WIB, sudah tidak kebagian tiket, jadi hari ini datang jam 08.00 WIB begitu loket buka langsung kita antri, dan alhamdulillah dapat, tapi lumayan ramai," ungkapnya.

Baca juga: Kepulauan Riau Pimpin Penggunaan Transportasi Laut Tertinggi di Indonesia,

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi, mengimbau agar warga yang akan mudik lebih awal untuk menghindari puncak arus mudik Lebaran 1445 H. 

Menurutnya, dengan memulai perjalanan lebih awal, warga tidak perlu berdesak-desakan di terminal pelabuhan atau bandara, dan juga dapat menikmati perjalanan ke kampung halaman tanpa lelah.

“Diharapkan kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik gunakanlah waktu yang cukup panjang waktu libur itu. Kalau nggak ada kegiatan, tanggal 6 April udah bisa berangkat,” katanya.

Selain itu, himbauan untuk mudik lebih awal juga disuarakan oleh Presiden Joko Widodo. “Pak Jokowi bilang kalau bisa keluarganya dulu diberangkatkan,” tambahnya.

Junaidi memperkirakan bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada 8-9 April 2024, sementara puncak arus balik diperkirakan pada 13-15 April 2024. Ia juga menekankan pentingnya pembelian tiket jauh hari sebelum melaksanakan mudik atau balik.

Baca juga: Gelar Buka Bersama, Central Group Hadirkan Pesona Indah Villa Bukit Harimau Dengan Konsep Bisnis

“Terkait kenaikan harga tiket pesawat, pemerintah udah menetapkan batas atas dan bawah. Kalau misalnya melaksanakan perjalanan mendadak, pasti kenanya batas atas, kalau mau dapat batas bawah, pesan dari jauh-jauh hari,” tandasnya.

Antrean panjang ini menjadi indikasi awal dimulainya arus mudik Lebaran yang tradisional di Indonesia, di mana jutaan orang merayakan Lebaran dengan melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka. 

Semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, diimbau untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan selama musim mudik ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews