Usaha Manisan Jambu Kristal di Batam: Cerita Sukses Eliana dalam Mengolah Buah Segar Menjadi Bisnis Menguntungkan

Usaha Manisan Jambu Kristal di Batam: Cerita Sukses Eliana dalam Mengolah Buah Segar Menjadi Bisnis Menguntungkan

tengah maraknya berbagai macam usaha kuliner, manisan jambu kristal muncul sebagai salah satu produk olahan buah yang diminati banyak orang. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews – Di tengah maraknya berbagai macam usaha kuliner, manisan jambu kristal muncul sebagai salah satu produk olahan buah yang diminati banyak orang. Dengan rasa yang manis, renyah, dan segar, manisan ini menjadi alternatif cemilan yang menarik bagi konsumen. 

Sejak tahun 2017, Eliana (38) telah menjalankan usaha manisan jambu yang tak hanya memberikan keuntungan namun juga menyajikan kesehatan melalui tiap gigitannya.

Eliana memulai usaha ini dengan modal awal sekitar Rp3 juta, yang meliputi pembelian buah dan peralatan yang diperlukan. "Kami terinspirasi dari penjual manisan jambu di jembatan Barelang. Awalnya, suami saya tertarik untuk mencoba, dan setelah beberapa kali percobaan, kami akhirnya menemukan resep yang pas," ungkap Eliana.

Baca juga: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara di Batam: Berjuang Mencari Nafkah Demi Keluarga

Manisan jambu kristal buatan Eliana bukan hanya sekedar cemilan. Buah jambu kristal yang kaya akan vitamin C dan serat menjadikannya pilihan yang tepat bagi yang menginginkan cemilan sehat. Namun, dalam perjalanan bisnisnya, Eliana menghadapi tantangan, terutama dalam hal pasokan bahan baku yang terkadang tidak stabil karena dipengaruhi oleh musim dan cuaca.

"Jambu kami datangkan dari Medan. Ada kalanya cuaca mempengaruhi kualitas buah. Kami sangat mementingkan kualitas karena ini mempengaruhi rasa manisan," jelas Eliana.

Kerjasama dengan petani lokal menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tantangan pasokan. Ini bukan hanya menguntungkan usaha Eliana, tetapi juga membantu ekonomi lokal. Meskipun demikian, variabilitas musim tetap menjadi tantangan utama.

Baca juga: Merantau dari Jawa ke Batam, Pedagang Gorengan Ini Raup Cuan Bersih hingga Rp400 Ribu Per Hari

Dari segi harga, manisan jambu kristal yang dijual Eliana memiliki kisaran harga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Meskipun usaha ini dilakukan dari rumah, omzet yang didapatkan bisa mencapai Rp1,5 juta per hari. Suami Eliana membantu penjualan dengan berkeliling menggunakan motor, sementara Eliana sendiri menjualnya di depan rumah.

Harapan Eliana untuk usaha ini sangat besar, ia berharap usahanya dapat lebih maju, sukses, dan berkembang. Usaha manisan jambu ini bukan hanya membuktikan bahwa bisnis kuliner bisa dijalankan dari rumah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang bahwa dengan semangat dan kerja keras, usaha apapun bisa berkembang dan sukses.

Penulis: Keassy Simanjuntak


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews