Kue Jongkong, Jajanan Tradisional Bangka yang Populer di Kepulauan Riau

Kue Jongkong, Jajanan Tradisional Bangka yang Populer di Kepulauan Riau

Outlet Kue Jongkong di Mega Mall Batam. (Foto: Juwita/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kue jongkong, jajanan tradisional asal Bangka Belitung, kini menjadi salah satu kuliner yang populer di Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Kota Batam. Kue ini biasanya dapat ditemukan di pasar tradisional dan kini mulai merambah ke pusat perbelanjaan.

Terbuat dari tepung tapioka atau singkong yang diparut, kue jungkong dicampur dengan santan, gula, dan bahan lain sesuai selera, lalu dikukus hingga matang. 

Proses pembuatannya dimulai dengan mencuci bersih singkong, kemudian dikupas, diparut halus, dan dicampur dengan santan dan gula. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus hingga matang.

Baca juga: Baru Buka, Warung `Dunia Bubur` Pak Toni Raup Cuan hingga Puluhan Juta dalam Dua Bulan

Kue jongkong dikenal dengan rasa yang legit dan manis, serta teksturnya yang lembut. Tampilannya yang cantik dengan kombinasi warna putih, hijau, dan coklat gula merah membuat kue ini menarik perhatian kalangan turis, baik lokal maupun asing, yang berkunjung ke Batam.

"Kue ini punya orang Bangka Belitung asli. Dia sengaja menjual kue ini untuk dipopulerkan di daerah Batam dan ternyata laris manis sehingga di setiap mall ada outletnya seperti Mega Mall, One Mall, BCS, dan masih banyak lagi," kata Susi, seorang pekerja outlet di Mega Mall Batam, kepada Batamnews.

"Omzetnya pun lumayan karena kue ini cukup populer di kalangan turis. Biasanya yang borong itu turis Singapura," tambah dia.

Baca juga: Kisah Fajri, Tukang Pangkas Asal Aceh yang Raih Kesuksesan di Kota Batam

Selain rasanya yang lezat, kue jongkong juga menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki nilai historis dan budaya yang kental. Harapan Susi, wanita berusia 36 tahun tersebut, semoga kue jongkong dapat semakin terkenal dan menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam.

(juwita lasmaria sinaga)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews