Pemkab Lingga Gelar Rembuk Stunting untuk Percepatan Penurunan Kasus di Kabupaten Lingga

Pemkab Lingga Gelar Rembuk Stunting untuk Percepatan Penurunan Kasus di Kabupaten Lingga

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga menggelar Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Lingga pada Senin, 25 Maret 2024, di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga menggelar Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Lingga pada Senin, 25 Maret 2024, di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga.

Kegiatan ini merupakan upaya kedua yang dilakukan Pemda Lingga pada tahun 2024 untuk menunjukkan keseriusan dalam mengatasi kasus stunting di wilayahnya. Berkat kerjasama yang intensif dengan pihak desa dan posyandu di masing-masing desa, kasus stunting di Kabupaten Lingga dilaporkan mengalami penurunan.

Pemerintah Daerah terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga pola makan dan gizi keluarga, khususnya anak-anak, agar terhindar dari stunting yang umumnya menyerang anak usia dini.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah di Daik Lingga Sukses, Beras hingga Kebutuhan Pokok Dijual di Bawah Harga Pasar

Dalam kesempatan ini, Pemda Lingga juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada desa-desa yang telah berhasil menurunkan angka stunting di wilayahnya. 

Berikut adalah daftar Desa/Kelurahan yang dinyatakan bebas lokus stunting, bebas Open Defecation Free (ODF), dan mendukung program percepatan penurunan stunting:

1. Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan
2. Desa Pelakak, Kecamatan Singkep Pesisir
3. Desa Keton, Kecamatan Lingga Timur
4. Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep
5. Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Singkep Barat

Baca juga: Safari Ramadhan Bupati Lingga Berlanjut ke Desa Pulau Bukit, Berbagi Kebahagiaan di Tengah Bulan Suci

Desa/Kelurahan yang bebas lokus stunting dan mendukung percepatan penurunan stunting:

1. Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat
2. Desa Penuba Timur, Kecamatan Selayar
3. Desa Resun Pesisir, Kecamatan Lingga Utara
4. Desa Teluk, Kecamatan Lingga Timur
5. Desa Kelumu, Kecamatan Lingga
6. Desa Pasir Panjang, Kecamatan Bakung Serumpun
7. Desa Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lingga, Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Kepala Barenlitbang, Dinkes, tim percepatan penurunan stunting, serta para Camat, Kepala Desa, dan Lurah se-Kabupaten Lingga.

Rembuk Stunting ini diharapkan dapat menjadi langkah maju bagi Kabupaten Lingga dalam mengatasi permasalahan stunting, serta menjadi momentum untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, khususnya anak-anak, di wilayah tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews