Sering Diolah Jadi Takjil, Ini Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Diolah Jadi Takjil, Ini Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Kolang kaling.

Batam, Batamnews - Kolang-kaling, makanan berwarna putih bening dengan tekstur kenyal, populer di bulan Ramadhan sebagai hidangan pencuci mulut dan campuran es buah. Tak hanya enak, kolang-kaling ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Olahan dari buah pohon aren ini mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan. Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kolang-kaling:

1. Menghalau Dehidrasi
Kandungan air dan serat dalam kolang-kaling, ditambah dengan sederet vitamin dan mineral di dalamnya, membuat makanan ini bagus untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Baca juga: Jaga Kekuatan dan Stamina Selama Ramadhan dengan Pola Makan Sehat

2. Memperlancar Sistem Pencernaan
Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kolang-kaling bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu, terjadinya sulit buang air besar atau konstipasi dapat dihindari. Selain itu, mengonsumsi kolang-kaling diketahui dapat membantu proses pengeluaran zat beracun dari saluran pencernaan.

3. Sebagai Sumber Vitamin
Kolang-kaling mengandung banyak zat gizi, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B7, asam folat, zat besi, kalium, zink, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi kolang-kaling, Anda membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

4. Sebagai Sumber Energi
Salah satu manfaat kolang-kaling untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan energi. Dalam 100 gram kolang-kaling mentah mengandung 21 gram karbohidrat, sehingga kolang-kaling dapat digunakan sebagai sumber energi.

Baca juga: Kearifan Lokal Lampu Colok di Karimun, Tradisi Semarak Menyambut Idul Fitri

5. Menjaga Kadar Gula Darah
Teksturnya yang kenyal serta kesegarannya membuat kolang-kaling menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai pelengkap hidangan manis.

Dengan beragam manfaat tersebut, tak heran jika kolang-kaling menjadi pilihan takjil yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(mutiara prastika)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews