Waspadai Sederet Penyakit yang Datang Akibat Cuaca Panas, Simak Tips Pencegahannya

Waspadai Sederet Penyakit yang Datang Akibat Cuaca Panas, Simak Tips Pencegahannya

Ilustrasi. (Foto: Hello Sehat)

Batam, Batamnews - Hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Batam dan sekitarnya mengalami suhu panas yang berkisar antara 27-32 derajat Celsius (°C).

Paparan suhu yang tinggi dan kurangnya cairan dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit. Penyakit ini bervariasi, mulai dari yang ringan hingga menyebabkan masalah kesehatan serius. Cuaca panas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penyakit akibat cuaca panas merupakan permasalahan kesehatan yang terjadi ketika seseorang terpapar suhu udara yang tinggi dan kelembaban yang rendah dalam waktu yang lama. Paparan panas yang berlebihan dapat mengganggu fungsi tubuh, terutama jika tidak ditangani dengan tepat.

Beberapa penyakit yang terjadi akibat paparan panas berlebihan:

Baca juga: Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas

1. Dehidrasi 
Pada saat cuaca panas, tubuh cenderung kehilangan cairan melalui keringat. Jika cairan yang hilang tidak digantikan dengan minum air yang cukup, dapat mengalami dehidrasi. Gejalanya yaitu mulut terasa kering, penurunan produksi urine, sakit kepala, serta rasa lelah yang berlebihan.

2. Biang Keringat 
Kondisi ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh keringat saat suhu udara panas. Keadaan ini sering ditemui di daerah dengan iklim tropis, suhu yang tinggi dan kelembapan yang tinggi membuat kulit cenderung berkeringat, iritasi dan ruam pada kulit.

3. Kulit Terbakar Matahari
Jika terpapar sinar matahari pada siang hari, akan rentan terbakarnya kulit. Paparan UV ini bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Ketika kulit terbakar akibat sinar matahari, gejalanya yaitu kulit menjadi merah, gatal, dan terasa panas.

4. Pingsan
Kondisi ini terjadi saat tubuh tidak dapat mengatur suhu tubuh dengan efisien akibat terpapar panas berlebih. Gejalanya seperti kulit kemerahan, pusing, mual, dan kehilangan kesadaran.

Baca juga: Mengatasi Sariawan Saat Puasa Ramadhan, Ini Tips dari Ahli

5. Sakit Kepala
Ketika tubuh kehilangan banyak cairan, tubuh akan merespons dengan cara mengecilkan ukuran pembuluh darah, di area kepala. Ini adalah faktor pemicu sakit kepala akibat cuaca panas. Gejalanya meliputi seperti pusing, mual, dan perasaan ingin pingsan.

6. Kelelahan
Tubuh mulai merasa lelah karena suhu udara yang panas. Gejala ini meliputi kulit yang pucat, produksi keringat yang berlebihan, pusing, mual, dan lemah.

7. Panas Dalam
Dapat terjadi karena cuaca panas dan pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan berlemak tinggi atau pedas contohnya gorengan dan makanan pedas.

8. Demam Tinggi 
Disebabkan oleh paparan langsung sinar matahari yang menyebabkan meningkatnya suhu tubuh. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat berbahaya dan merusak organ vital dalam tubuh.

Penting untuk menjaga diri tetap terhidrasi, menghindari paparan langsung sinar matahari pada jam-jam terpanas, mengenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat cuaca panas agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Jika mengalami gejala yang serius, segera cari bantuan medis.

(Keassy Simanjuntak)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews