Kebakaran Lahan dan Hutan di Desa Pongkar, Karimun: Petugas Berjibaku Selama Dua Jam untuk Padamkan Api

Kebakaran Lahan dan Hutan di Desa Pongkar, Karimun: Petugas Berjibaku Selama Dua Jam untuk Padamkan Api

Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api.

Batamnews, Karimun - Sebuah kebakaran melanda sekitar 4 hektar lahan dan hutan di wilayah Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu, 20 Maret 2024. 

Api yang membakar lahan tersebut berhasil dipadamkan setelah dua jam berjibaku oleh petugas Pemadam Kebakaran, dibantu oleh aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun, Hendra Hidayat, mengatakan bahwa medan yang sulit menjadi kendala utama dalam proses pemadaman. 

Baca juga: Kapolres Karimun Ingatkan Bahaya dan Sanksi Pembakaran Lahan, Bisa Dipidana

Mobil pemadam tidak bisa masuk ke lokasi karena medan terjal, sehingga petugas terpaksa melakukan pemadaman secara manual menggunakan alat-alat sederhana.

Meskipun bagian atas area hutan dan lahan berhasil dipadamkan, api kembali membakar bagian bawah lahan di dekat jalan pada sore harinya. 

Proses pemadaman masih terus dilakukan untuk mencegah api dari meluas ke atas.

Hendra juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, mengingat saat ini merupakan musim kemarau di mana risiko kebakaran sangat tinggi. 

Baca juga: Ops Keselamatan Seligi 2024: Satlantas Polres Karimun Tegur 518 Pelanggar Lalu Lintas

Ia juga mengajak masyarakat untuk saling mengawasi dan mengingatkan satu sama lain tentang bahaya kebakaran lahan.

"Mari sama-sama kita menjaga, agar kasus kebakaran tidak meningkat. Apalagi, saat ini musim kemarau, dimana lahan dengan mudahnya bisa terbakar," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews