Harga Tiket Pesawat Jelang Mudik Lebaran Naik, DPRD Kepri Minta Pemerintah Kontrol

Harga Tiket Pesawat Jelang Mudik Lebaran Naik, DPRD Kepri Minta Pemerintah Kontrol

Tiket pesawat

Tanjungpinang, Batamnews - Harga tiket pesawat menjelang musim puncak mudik Lebaran Idulfitri semakin meningkat. Berdasarkan penelusuran aplikasi Traveloka, harga tiket pesawat untuk sejumlah rute penerbangan mengalami kenaikan yang signifikan.

Di antaranya, harga tiket Batam-Medan untuk penerbangan H-2 tepatnya pada Senin, 8 Maret 2024 mendatang mencapai Rp 1,2 juta, padahal biasanya sekitar Rp 600 hingga Rp 700 ribu. 
Sementara itu, harga tiket Batam-Jakarta pada tanggal yang sama mencapai Rp 1,6 juta, jauh di atas harga normal yang biasanya hanya sekitar Rp 900 ribuan hingga Rp 1 juta.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Kepri Bahas Ranperda tentang Penanggulangan Bencana

Rute Batam-Yogyakarta juga mengalami kenaikan harga, dengan tiket mencapai Rp 1,7 juta pada Senin (08/04/2024), sedangkan biasanya hanya Rp 1,4 juta. Sedangkan untuk rute Batam-Surabaya, harga tiket pada Senin (08/04/2024) mencapai Rp 1,9 juta, sementara harga normalnya sekitar Rp 1,3 juta.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Wahyu Wahyudin, mengkritik pemerintah yang dinilainya belum hadir dalam mengontrol stabilitas harga tiket pesawat. 

Wahyu menyoroti bahwa harga tiket pesawat di luar negeri, terutama pada saat libur nasional, cenderung berada di batas bawah karena penumpangnya lebih banyak, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Muhammad Rudi Harap Hubungan Bilateral Batam dan Singapura Semakin Kuat

Wahyu juga menyatakan bahwa apabila harga tiket pesawat tidak menggunakan batas atas, masyarakat akan berbondong-bondong mengunjungi keluarganya. Namun, jika harga tiket mahal, masyarakat akan berpikir ulang untuk berangkat.

“Kami akan menyurati pemerintah pusat melalui Gubernur Kepri agar maskapai lebih mempertimbangkan harga tiket agar tidak ada kenaikan seperti ini,” ujar Wahyu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews