Mantan Presiden Amerika Donald Trump Resmi Menjadi Calon Presiden dari Partai Republik

Mantan Presiden Amerika Donald Trump Resmi Menjadi Calon Presiden dari Partai Republik

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Jakarta, Batamnews - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, secara resmi telah menjadi calon presiden (capres) dari Partai Republik. Hal ini terjadi setelah dia berhasil memperoleh dukungan mayoritas delegasi pada konvensi Partai Republik yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang.

Menurut laporan dari Associated Press (AP) pada Rabu, 13 Maret 2024, dukungan yang diperoleh Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik pada Selasa, 12 Maret 2024 malam waktu AS mencapai 1.228 delegasi. 

Jumlah ini melebihi ambang batas yang ditetapkan untuk seorang kandidat agar dapat menjadi capres dari partai tersebut, yaitu sebanyak 1.215 delegasi.

Baca juga: Japanese Businessman Involved in Fraud Case Deported from Batam

Keberhasilan Trump ini didapatkan setelah dia memenangkan pemilihan pendahuluan di Georgia, Mississippi, Hawaii, dan Washington. Kemenangan ini mengikuti keberhasilannya yang besar di 15 negara bagian pada ajang Super Tuesday sepekan sebelumnya.

Sebagai kandidat pertama yang mengikuti pemilihan pendahuluan capres Partai Republik, Trump telah menikmati status sebagai kandidat terdepan sepanjang kampanye. 

Pencalonannya pun tidak dapat dibendung selama berbulan-bulan karena Trump mendominasi jajak pendapat publik dan kemudian pemilihan awal.

Penantang terakhir Trump dalam perebutan tiket pencapresan Partai Republik, Nikki Haley, harus menerima kekalahan telak. Mantan gubernur Carolina Selatan itu hanya mampu mengungguli Trump di Washington DC dan Vermont.

Baca juga: KPK Confiscates Luxury Assets of Andhi Pramono in Riau Islands

Dengan pencalonan Trump sebagai capres dari Partai Republik, Pilpres AS 2024 yang akan digelar pada 5 November 2024 mendatang dapat dipastikan menjadi ajang pertarungan ulang antara Trump melawan Presiden petahana Joe Biden. 

Biden juga berhasil memperoleh tiket pencapresan dari Partai Demokrat pada hari yang sama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews