Sejumlah Peziarah Memadati Pusara Abadi, Kilometer 7, Kota Tanjungpinang Menjelang Ramadan 

Sejumlah Peziarah Memadati Pusara Abadi, Kilometer 7, Kota Tanjungpinang Menjelang Ramadan 

Petugas parkir sibuk mengatur parkir di pinggiran komplek pemakaman di Kilometer 7 Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Atmosfir haru dan khidmat mulai terasa di area kompleks pemakaman Pusara Abadi, Kilometer 7, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi. 

Sejumlah peziarah telah memadati kompleks pemakaman tersebut, menjadikan momen ini sebagai berkah bagi penjual bunga di sekitar kompleks. Minggu 10 Maret 2024, terlihat banyak kendaraan yang terparkir di samping pagar kompleks pemakaman. 

Para peziarah terlihat berlalu-lalang keluar masuk area pemakaman muslim tersebut, sementara di pinggir jalan, penjual bunga dan jajanan ringan, petugas parkir dadakan mulai bermunculan.

Baca juga: Sidang Isbat Hari Ini, Batam Sebagai Titik Pantau Hilal Awal Ramadan

Salah satu petugas parkir, di lokasi tersebut menyatakan bahwa selama tiga hari terakhir, jumlah kunjungan peziarah semakin ramai. Meskipun belum mencapai puncaknya, jumlah peziarah terus bertambah.

"Dari semalam sudah ramai, besok bisa lebih ramai lagi," kata Hendro.

Ditemui dilokasi salah satu pedagang bunga, mengaku berjualan bunga hanya musiman. Satu kantong bunga yang dijual seharga Rp5000 dapat terjual sebanyak 30-60 bungkus per hari. Bahkan, kadang bisa terjual hingga ratusan kantong.

Baca juga: Wali Kota Batam Lepas 954 Mubalig untuk Mengisi Safari Ramadan 1445 H

Ziarah makam merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat menjelang bulan suci Ramadan. Dengan semakin dekatnya bulan Ramadan, diharapkan momen ziarah ke makam ini dapat menjadi kegiatan yang mendekatkan diri kepada Tuhan dan mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews