Musrenbang Kabupaten Lingga 2024: Menatap RKPD 2025 dengan Enam Prioritas Pembangunan

Musrenbang Kabupaten Lingga 2024: Menatap RKPD 2025 dengan Enam Prioritas Pembangunan

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Tahun 2024 yang merupakan tahapan penting dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lingga untuk tahun 2025, telah resmi ditutup. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews - Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Tahun 2024 yang merupakan tahapan penting dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lingga untuk tahun 2025, telah resmi ditutup oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Lingga, Selamat, S.Pi, M.IP. 

Penutupan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Lingga pada hari Rabu, 6 Maret 2024.

Musrenbang kali ini membawa angin segar bagi pembangunan Kabupaten Lingga dengan penetapan enam item prioritas yang akan menjadi fokus utama dalam RKPD tahun 2025. 

Baca juga: Harapan Besar Maratusholiha Nizar ke Guru Paud di Lingga

Prioritas pembangunan ini mencerminkan komitmen kuat pemerintah daerah untuk memajukan kualitas hidup dan kapasitas masyarakat Lingga yang agamis serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Melayu. Prioritas tersebut antara lain:

1. Pemantapan pemerataan kualitas hidup dan kapasitas masyarakat yang agamis dengan menerapkan nilai-nilai budaya Melayu.
2. Penurunan kemiskinan dan pengangguran sebagai upaya pemantapan kesejahteraan.
3. Pencapaian kemandirian desa di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.
4. Pemerataan kualitas infrastruktur wilayah dan sarana ekonomi yang berwawasan lingkungan.
5. Pengembangan sektor agro, mina, dan pariwisata yang didukung oleh pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).
6. Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk menciptakan kondusivitas wilayah.

Baca juga: Bupati Nizar Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Lingga Tahun 2024

Acara ini dihadiri oleh para stakeholder penting, termasuk Staf Ahli Bupati Lingga Bidang Pertanian, Perikanan, dan Peternakan, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga, para camat, lurah, kepala desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Lingga, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lingga, dan undangan lain yang turut memberikan dukungan.

Penyelenggaraan Musrenbang yang efektif dan inklusif ini menandakan langkah besar Kabupaten Lingga dalam merencanakan pembangunan yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi, tapi juga pada peningkatan kualitas hidup, keadilan sosial, dan kelestarian lingkungan. 

Dengan dukungan penuh dari semua pihak, diharapkan RKPD Kabupaten Lingga Tahun 2025 dapat terwujud sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, membawa Kabupaten Lingga menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews