Solusi Kemacetan! Ruas Jalan Paus-Sembilang, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Akan Dibuatkan U-turn

Solusi Kemacetan! Ruas Jalan Paus-Sembilang, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Akan Dibuatkan U-turn

Ruas Jalan Paus-Sembilang

Pekanbaru, Batamnews - Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, akan segera memiliki satu U-turn atau tempat berbalik arah kendaraan di ruas Jalan Paus-Sembilang. Langkah ini diambil untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah tersebut pada waktu tertentu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, melalui Kabid Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Febrino, menyampaikan bahwa hasil rapat bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Riau memutuskan untuk membangun U-turn di Jalan Sembilang.

"Hasil Forum LLAJ memang akan dibuat U-turn. Tetapi karena kewenangan jalan tersebut ada pada provinsi, kita dari kota siap mendukung," ujar Febrino kepada wartawan pada Jumat, 23 Februari 2024 malam.

Baca juga: Jalan Mustika Pekanbaru Bakal Diberlakukan Satu Arah untuk Atasi Kemacetan

Belum ada kepastian mengenai waktu pembangunan U-turn tersebut. Namun, dari hasil rapat bersama Dirlantas Polda Riau, Dinas PU Provinsi, dan Satlantas Polresta, diputuskan untuk segera membangun U-turn tersebut.

"Saat ini, kami masih menunggu kejelasan dari Dishub Provinsi Riau mengenai waktu pelaksanaannya," tambah Febrino.

Febrino menambahkan bahwa pihaknya dari Dishub Kota Pekanbaru siap mendukung. Selain rencana pembangunan U-turn, pihaknya juga telah mengusulkan perubahan durasi waktu lampu lalu lintas dan melakukan kajian rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di jalan tersebut.

Baca juga: Dinas PUPR PKPP Riau Bergerak Cepat Perbaiki Jalan Longsor di Rohul

"Kami mengimbau agar para pengendara mengikuti aturan lalu lintas, tidak melawan arus, dan bersabar mengikuti durasi lampu lalu lintas," jelas Febrino.

Saat ini, sepanjang Jalan Paus-Jalan Sembilang sudah dilengkapi dengan pembatas jalan. Namun, dengan adanya U-turn, diharapkan kendaraan tidak perlu berbelok terlalu jauh, sehingga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews