Berlabuh di Pantai, Logistik Pemilu 2024 untuk 3 Desa Terluar Tambelan Tiba Dengan Selamat 

Berlabuh di Pantai, Logistik Pemilu 2024 untuk 3 Desa Terluar Tambelan Tiba Dengan Selamat 

Personil dari Polres Bintan mengawal logistik Pemilu untuk pemungutan suara besok.

Bintan, Batamnews - Sebanyak 6 personel Polri dan 3 personel TNI telah sukses melakukan pengawalan terhadap logistik Pemilu 2024 untuk 3 desa terluar yang berada di kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan. 

Pendistribusian logistik Pemilu dari gudang penyimpanan PPK Tambelan ke 3 desa tersebut dilaksanakan pada dini hari hari ini, Selasa, 13 Februari 2024.

Kegiatan pengiriman logistik tersebut menjangkau desa Mentebung, desa Pulau Pinang, dan desa Pengekek yang merupakan desa terluar di kecamatan Tambelan. Proses pengangkutan logistik Pemilu dilakukan menggunakan 2 kapal milik masyarakat untuk mencapai ketiga desa tersebut.

Baca juga: Kapolda Kepulauan Riau Tinjau Kesiapan TPS di Tanjungpinang, Sehari Jelang Pemilu 2024 

Kapolsek Tambelan, Ipda Taufik, menyampaikan bahwa tujuan dari pengawalan tersebut adalah untuk memastikan logistik Pemilu sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam keadaan baik. 
"Sebanyak 6 personel Polri dan 3 personel TNI dilibatkan dalam pengawalan logistik Pemilu untuk 3 desa terluar kecamatan Tambelan," kata Ipda Taufik.

Taufik juga menjelaskan bahwa desa Mentebung memiliki jarak tempuh terdekat dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam, sementara desa Pulau Pinang membutuhkan waktu sekitar 6 jam, dan desa Pengekek memerlukan waktu perjalanan laut sekitar 8 jam dengan kapal masyarakat.

"Logistik diberangkatkan pada dini hari agar dapat sampai di PPS pada pagi hari," tambahnya.

Karena ketiga desa tersebut tidak memiliki pelabuhan, kapal pengangkut logistik harus berlabuh di sekitar pantai. Kemudian, logistik tersebut diangkut menggunakan Pompong atau boat pancung agar bisa merapat ke pantai, selanjutnya dibawa ke PPS dengan digendong atau dipikul oleh petugas.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Banjir Rob Ancam Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan

Beruntungnya, seluruh logistik Pemilu untuk ketiga desa tersebut berhasil sampai di PPS masing-masing dalam keadaan baik dan tidak ada yang mengalami kerusakan.

Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, menghimbau kepada masyarakat yang terdaftar dalam daftar pemilih agar menggunakan hak pilihnya besok pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024. Selain itu, Kapolres juga menegaskan kepada personel yang bertugas dalam pengamanan saat hari pencoblosan agar tetap menjaga netralitas.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jaga kesehatan, dan tetap semangat dalam pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi ini,” ujar AKBP Riky.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews