Catat! Dua Situs Dapat Digunakan untuk Memantau Hasil Penghitunagn Suara Besok

Catat! Dua Situs Dapat Digunakan untuk Memantau Hasil Penghitunagn Suara Besok

Peninjauan kesiapan Pemilu 2024 di salah satu PPK.

Tanjungpinang, Batamnews - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Indonesia semakin dekat dengan tinggal hitungan jam menjelang hari pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Dalam proses penghitungan suara yang dilakukan secara berjenjang, masyarakat Indonesia dipanggil untuk turut mengawal melalui situs KawalPemilu.org dan JagaPemilu.com.

Proses penghitungan suara Pemilu 2024 dimulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), di mana hasil suara dicatat dalam formulir model C1. Setelah itu, kotak suara beserta isinya dan dokumen administrasi akan diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Penghitungan suara akan terus berlanjut di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Baca juga: KPU Batam: Warga Terdampak Relokasi Tetap Mencoblos di TPS Rempang Galang

Situs KawalPemilu diinisiasi dengan misi memampukan seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS di Indonesia melalui teknologi yang mudah dan andal. 

Melalui situs ini, setiap orang atau masyarakat dapat mengabadikan hasil pemilihan presiden (pilpres) atau formulir C-PPWP dari TPS dan mengunggahnya setelah melakukan login. Pihak KawalPemilu akan mereview foto, hasil suara, dan lokasi TPS yang diunggah, dengan tujuan untuk mencocokan data dari TPS hingga tabulasi tingkat nasional. 

Semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS, semakin terjamin transparansi di TPS tersebut.

Sementara itu, situs JagaPemilu juga mengajak partisipasi masyarakat untuk mengawal Pemilu 2024 dengan cara mengunggah formulir C-Hasil untuk penghitungan suara setelah mendaftar menjadi relawan di situs jagapemilu.com. 

Baca juga: Ribuan APK Ditertibkan, di Tanjungpinang dan Bintan Dua Hari Jelang Pencoblosan

Data para relawan yang telah diverifikasi akan diakumulasikan dan ditampilkan untuk publik. Selain itu, platform ini juga menyediakan kanal laporan untuk dugaan pelanggaran pemilu, mulai dari pelanggaran konten kampanye, cara kampanye, hingga dugaan provokasi. 

Laporan dari relawan yang telah diverifikasi oleh JagaPemilu akan ditampilkan untuk publik guna meningkatkan transparansi dan integritas Pemilu.

Dengan adanya kedua situs tersebut, diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal Pemilu 2024 semakin meningkat, sehingga proses demokrasi di Indonesia dapat berlangsung dengan lebih transparan dan akuntabel.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews