Warga Batam Keluhkan APK di Masa Tenang, Bawaslu Janji Bertindak

Warga Batam Keluhkan APK di Masa Tenang, Bawaslu Janji Bertindak

APK masih tampak di Kota Batam. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 saat ini memasuki masa tenang menjelang hari pencoblosan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Dalam masa tenang ini, penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK) seharusnya dilarang di jalan-jalan. 

Namun, kekisruhan terjadi di beberapa wilayah di Kota Batam, di mana masih terlihat banyaknya APK yang bertebaran di jalanan, menciptakan kekhawatiran di tengah masyarakat menjelang pemungutan suara.

Menyikapi permasalahan ini, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Antonius, menegaskan komitmennya untuk terus melakukan penertiban.

Baca juga: Masa Tenang Pemilu 2024 Disambut APK yang Masih Bertebaran di Batam

"Akan kita tertibkan, saat ini masih hujan," ungkap Antonius kepada Batamnew.co.id, Senin, 12 Februari 2024.

Sebelumnya, Roy Vandi Tambunan, seorang warga Batam, mengungkapkan kekecewaannya kepada Batamnews.co.id terkait keberadaan APK yang masih memenuhi jalan-jalan utama seperti Jalan Laksamana Bintan Sei Panas, Jalan Duyung Batu Ampar, dan Jalan Raja Haji Fisabilillah Batam Centre. 

APK tersebut bervariasi ukuran, mulai dari yang kecil hingga baliho besar, dan kebanyakan terletak di pinggir jalan utama tanpa tanda-tanda akan ditertibkan.

Masa tenang seharusnya menjadi periode dimana tidak ada aktivitas kampanye yang dilakukan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Selama masa tenang yang berlangsung tiga hari sebelum hari pemungutan suara, semua bentuk kampanye, termasuk pemasangan APK, dilarang untuk menjaga ketertiban dan keadilan selama proses pemilu.

Baca juga: Ribuan APK Ditertibkan, di Tanjungpinang dan Bintan Dua Hari Jelang Pencoblosan

Sementara itu, Rayhan, seorang warga Tiban di Kota Batam, menyampaikan keheranannya ketika hendak pergi bekerja, karena masih melihat banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK) di sekitar wilayahnya.

"Seharusnya sudah masa tenang, tapi kenapa masih banyak APK ya," ujar Rayhan, mengekspresikan ketidakpuasannya terhadap kelanjutan penyebaran APK di wilayah tersebut.

Anggota Bawaslu Kota Batam kini terus aktif melakukan penertiban terhadap APK yang masih banyak terpasang di pinggir jalan, memastikan bahwa tindakan mereka sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan selama masa tenang pemilu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews