Fatmawati Dengar Curhat Nelayan Bintan: Kekurangan Solar di Musim Ikan

Fatmawati Dengar Curhat Nelayan Bintan: Kekurangan Solar di Musim Ikan

Fatmawati menyapa masyarakat di Bintan. (Foto: istimewa)

Bintan, Batamnews - Keluhan mengenai kekurangan solar selama musim ikan menjadi sorotan utama saat Fatmawati, S.Pd.I, Ketua Komunitas Peduli Kampung Sendiri (KPKS) Bintan-Lingga dan Caleg PKS untuk DPRD Kepri Dapil Bintan-Lingga, mengunjungi masyarakat nelayan Desa Dendun, Kabupaten Bintan. 

Nelayan setempat menuturkan kebutuhan solar yang mencapai lima ton di musim ikan, namun hanya mendapatkan kuota satu ton dari pemerintah.

Dalam kunjungan tersebut, Fatmawati mendengarkan curhat nelayan yang merasa dilematis dengan kondisi saat musim ikan. Kebutuhan solar yang tinggi tidak sebanding dengan kuota yang diberikan pemerintah, membuat mereka kesulitan untuk melaut dan mendapatkan ikan.

Baca juga: Fatmawati, Pejuang Keterwakilan Perempuan Bintan-Lingga untuk Pemilu 2024

"Persoalan solar ini harus menjadi perhatian serius pemerintah. Kita perlu mencari solusi jangka panjang, salah satunya dengan mempertimbangkan penggunaan energi alternatif untuk kapal nelayan," ujar Fatmawati, Kamis, 8 Februari 2024.

Lebih lanjut, Fatmawati mengapresiasi program asuransi jiwa yang telah dimiliki oleh nelayan. Ini merupakan langkah positif dari pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada nelayan, yang merupakan pihak penting dalam penyediaan sumber protein ikan bagi masyarakat Bintan dan Lingga.

"Saya berharap pemerintah bisa lebih responsif dalam menanggapi keluhan nelayan. Keberadaan asuransi jiwa merupakan langkah baik, namun masalah solar juga perlu solusi konkret agar aktivitas nelayan tidak terhambat dan mereka bisa lebih produktif," tambah Fatmawati.

Baca juga: Andalkan Politik Silaturahmi, Caleg PKS Fatmawati Ajak Masyarakat Bintan-Lingga Tolak Politik Uang

Kunjungan Fatmawati ke Desa Dendun ini menegaskan komitmennya untuk mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi nelayan di Bintan dan Lingga. 

Dengan adanya dialog langsung, diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara nelayan dengan pemerintah dan stakeholder terkait untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi nelayan, termasuk kekurangan solar saat musim ikan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews