Fatmawati, Pejuang Keterwakilan Perempuan Bintan-Lingga untuk Pemilu 2024

Fatmawati, Pejuang Keterwakilan Perempuan Bintan-Lingga untuk Pemilu 2024

Fatmawati (kiri). (Foto: istimewa)

Bintan, Batamnews - Ketua Komunitas Peduli Kampung Sendiri (KPKS) Bintan-Lingga, Fatmawati, S.Pd.I, yang juga bertarung sebagai calon legislatif Partai Keadilan Sejahtera (PKS) nomor urut 5 untuk DPRD Kepulauan Riau dari daerah pemilihan Bintan-Lingga, menyuarakan pentingnya peningkatan perwakilan perempuan di dunia politik, khususnya dalam Pemilu 2024.

Pada pertemuan dengan komunitas perempuan di Bintan, Fatmawati menekankan bahwa tingkat keterpilihan perempuan di Bintan-Lingga masih relatif rendah. Hal ini terlihat dari jumlah perwakilan perempuan yang hanya mencapai lima dari empat puluh lima anggota DPRD Kepri pada tahun 2019, yang kemudian berkurang menjadi empat setelah Suryani dari PKS mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Kepri.

Fatmawati menjelaskan bahwa meskipun partai-partai telah memenuhi kuota 30 persen perwakilan perempuan, namun hal itu belum cukup. "Tahun 2024 ini merupakan momentum bagi kaum perempuan di Bintan-Lingga untuk lebih banyak diwakili di parlemen," ujarnya, Jumat, 26 Januari 2024.

Baca juga: Caleg PKS DPRD Kepri Vina Apriliani Ajak Warga Sagulung Tingkatkan Ekonomi Keluarga Melalui UMKM

Lebih lanjut, Fatmawati menyoroti bahwa saat ini politisi perempuan yang ada di DPRD Kepri sebagian besar memiliki hubungan kuat dengan pejabat atau kerabat pejabat. Menurutnya, diperlukan wakil perempuan non-kerabat pejabat untuk lebih mengadvokasi kebutuhan dan kepentingan perempuan di Bintan dan Lingga.

"Dalam regulasi memang tidak ada yang dilanggar, namun keberadaan wakil perempuan dari kalangan non-pejabat sangat penting untuk mengadvokasi kebutuhan spesifik perempuan," tambah Fatmawati.

Fatmawati mengajak masyarakat, khususnya kaum perempuan, untuk berjuang dan memenangkan calon legislatif perempuan di Pemilu 2024. "Kita perlu berjuang dan memenangkan caleg perempuan agar bisa sama dengan angka keterwakilan. Saya siap mewakili dan berjuang untuk kepentingan kaum perempuan," pungkas Fatmawati.

Baca juga: Anies Baswedan Ajak Warga Kepri Coblos Caleg Partai Pengusung, Satu Diantaranya Suryani

Momentum Pemilu 2024 dilihat Fatmawati sebagai peluang besar bagi perempuan Bintan-Lingga untuk meningkatkan peran serta mereka dalam perwakilan politik, mengadvokasi kebijakan yang berorientasi pada pemberdayaan perempuan, dan mewujudkan kesetaraan gender di tingkat legislatif.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews