RS Awal Bros Batam Luncurkan Terapi Oksigen Hiperbarik Pertama di Kota Batam

RS Awal Bros Batam Luncurkan Terapi Oksigen Hiperbarik Pertama di Kota Batam

Rumah Sakit Awal Bros Batam membuka layanan baru untuk masyarakat Kota Batam berupa layanan Hiperbarik Oksigen Terapi pada Senin, 5 Februari 2024. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Rumah Sakit Awal Bros Batam membuka layanan baru untuk masyarakat Kota Batam berupa layanan Hiperbarik Oksigen Terapi pada Senin, 5 Februari 2024. Secara resmi layanan hiperbarik tersebut diresmikan oleh Direktur Rumah Sakit Awal Bros dr. Widya Putri.

Dengan simbol pemotongan pita dan potong tumpeng, maka secara resmi layanan tersebut telah dibuka untuk umum. Widya Putri menjelaskan jika pelayanan ini merupakan yang pertama kali tersedia di Rumah Sakit Kota Batam.

Terapi oksigen Oxygen Therapy (HBOT) adalah suatu metode yang digunakan untuk pengobatan yang membantu pasien menyembuhkan berbagai masalah kesehatan akibat kekurangan oksigen dalam sel dan jaringan tubuh.

Baca juga: RS Awal Bros Lindungi 1.000 Pekerja Rentan di Batam

"Pada kondisi normal, udara yang kita hirup umumnya mengandung 21% oksigen. Sementara dalam proses terapi oksigen hiperbarik, pasien akan bernafas dengan menghirup 100% oksigen dalam sebuah ruangan yang disebut dengan Ruangan Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) atau Hyperbaric Chamber," ujar Widya Putri.

Dirinya juga mengatakan bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari pengobatan terapi oksigen Oxygen Therapy, di antaranya adalah mempercepat proses penyembuhan luka pada penderita diabetes, luka bakar, luka pasca operasi dan cedera jaringan akibat radiasi, meregenerasi sel-sel tubuh sehingga dapat memelihara kecantikan dan mencegah penuaan dini.

Terapi ini juga bisa membantu pemulihan pada pasien stroke dan gangguan aliran pembuluh darah, mengatasi penyakit dekompresi penyelam, mempercepat penyembuhan patah tulang, memberikan efek kebugaran, memulihkan keracunan karbon monoksida dan mempercepat proses pemulihan gangguan pendengaran mendadak serta meningkatkan fungsi jantung pada kondisi Long Covid Syndrome, dan mengatasi kondisi medis lainnya.  

Widya menegaskan jika efek dari terapi ini tidak langsung terasa setelah sekali penggunaan namun ini akan memberikan efek setelah beberapa kali melakukan terapi.

Baca juga: Direktur RS Awal Bros Usulkan Jalur Sepeda di Batam

Secara praktiknya pasien akan dimasukkan ke dalam Chamber yang berbentuk seperti kapal selam selama 2 jam. "Dalam proses terapi ini pasien akan didampingi oleh dokter untuk proses terapi supaya berjalan dengan baik," jelasnya. 

Didalam Chamber tersebut menyediakan kapasitas untuk 6 pasien terapi. Menurut Widya, untuk mendapatkan efek yang maksimal perlu ada beberapa kali melakukan terapi oksigen tersebut minimal 10 kali terapi. Namun dalam sepuluh kali tersebut dijadwalkan seminggu sekali.  

"Untuk harga menjalankan terapi, pihak rumah sakit memberikan harga sebesar Rp 500ribu untuk sekali terapi," ujarnya.

Selain itu pihak Awal Bros juga memberikan berbagai paket terapi yang pastinya akan memberikan keuntungan bagi pasien yang hendak melakukan terapi kesehatan oksigen hiperbarik.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews