Dua Speedboat Tabrakan di Pelabuhan STG Karimun, Penumpang Selamat

Dua Speedboat Tabrakan di Pelabuhan STG Karimun, Penumpang Selamat

Insiden tabrakan antara dua speedboat antar pulau terjadi di Perairan Pelabuhan Sri Tanjung Gelam (STG) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: istimewa)

Karimun, Batamnews - Insiden tabrakan antara dua speedboat antar pulau terjadi di Perairan Pelabuhan Sri Tanjung Gelam (STG) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). 

Kejadian yang berlangsung pada Senin, 5 Februari 2024, pukul 07.40 WIB, melibatkan SB Solop Indah yang berlayar tujuan Selat Beliah-Karimun dan SB Giam Mas tujuan Karimun-Tanjungbatu.

Beruntung, kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa. Penumpang dari kedua speedboat berhasil selamat, meskipun tabrakan tersebut tentunya menimbulkan keterkejutan bagi semua yang terlibat.

Baca juga: Mahfud MD di Karimun: Janji Bebaskan Hutang Petani dan Nelayan, hingga Hukum yang Berkeadilan

Kepala Pos KSOP Karimun di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Ahmad Zaliansyah ketika dikonfirmasi, mengatakan bahwa tabrakan itu terjadi diakibatkan oleh kesalahan komunikasi disebabkan alat komunikasi atau radio penghubung mengalami kerusakan.

"Jadi saat itu, SB Solop baru datang dan hendak merapat ke ponton pelabuhan, sedangkan SB Giam Mas mau berangkat. Tanpa disadari, SB Solop menabrak bagian samping SB Giam Mas," kata Ahmad.

Meskipun tidak ada korban, namun akibat dari kecelakaan itu, kapal SB Giam Mas mengalami kerusakan pada lambung kiri dan kaca pecah.

Baca juga: Sopir Minibus di Karimun Nyaris Jadi Bulan-bulanan Warga Usai Kecelakaan di Depan RSUD Karimun

"Korban jiwa atau luka-luka nihil, hanya saja penumpang mengalami syok dan kedua kapal juga telah dievakuasi," katanya.

Dengan terjadinya insiden itu, kedua kapten kapal dipanggil untuk dimintai keterangan, serta memberikan imbauan agar ke depan dapat lebih berhati-hati dan mengikuti SOP pelayaran.

"Keduanya sudah dipanggil dan mereka sepakat untuk menyelesaikan permasalahan itu secara damai. Kita juga memberikan imbauan kepada mereka agar kedepannya dapat lebih berhati-hati dan teliti," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews