Bus Rapid Transit, Solusi Pemko Pekanbaru untuk Kemacetan dan Transportasi Publik

Bus Rapid Transit, Solusi Pemko Pekanbaru untuk Kemacetan dan Transportasi Publik

Ilustrasi.

Pekanbaru, Batamnews - Kota Pekanbaru segera melakukan pengembangan Bus Rapid Transit (BRT). Adanya sistem ini menjadi jawaban dari Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mengatasi kemacetan. 

Keberadaan BRT juga komitmen pemerintah kota dalam menyediakan transportasi publik yang terkoneksi. Masyarakat bisa memanfaatkan BRT sebagai moda transportasi publik yang terkoneksi. 

Pengembangan BRT di Kota Pekanbaru mendapat dukungan dari Dirjen Perhubungan Darat. Mereka bekerjasama dengan GIZ Indonesia melalui program SUTRI NAMA dan INDOBUS. 

Baca juga: Efisiensi Anggaran PJU, Pekanbaru Hemat Rp1 Miliar Per Bulan

Kota Pekanbaru mendapat kehormatan sebagai satu wilayah percontohan. Keberadaan BRT ini nantinya bisa diakses masyarakat di wilayah Metropolitan Pekanbaru. 

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, dari trend pertumbuhan ekonomi Pekanbaru serta ditambah kajian dan fakta di lapangan ternyata Kota Pekanbaru punya tekanan cukup kuat untuk transportasi massal ini. Maka pengembangan BRT ini harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

"Pemerintah Kota Pekanbaru berkomitmen untuk mendorong pengembangan BRT bersama semua pihak, agar semuanya terwujud," ujarnya. 

Dirinya menegaskan bahwa komitmen ini diperlihatkan dengan menggelar FGD Sosialisasi Angkutan Massal Metropolitan Pekanbaru. Kegiatan ini berlangsung dua hari dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat dan berbagai sektor. 

Baca juga: RSJ Tampan Riau Siapkan Poli Khusus Antisipasi Caleg Depresi Pasca Pileg

Ingot menambahkan bahwa keberadaan BRT nantinya bukan sekedar prestise saja. Ia menyebut komitmen ini untuk mewujudkan transportasi massal yang jadi kebutuhan masyarakat. 

Apalagi rata-rata pendapatan per kapita kebanyakan untuk biaya transportasi. Pemerintah kota pun berupaya menghadirkan wadah transportasi bagi orang banyak yang bersifat inklusif. 

"Tarifnya pun terjangkau, apabila kita bisa mengoperasikan ini tentu sangat bermanfaat bagi mayarakat," paparnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews