Bintan Salurkan Bantuan dan Dukungan untuk Petani, Menjaga Ketahanan Pangan

Bintan Salurkan Bantuan dan Dukungan untuk Petani, Menjaga Ketahanan Pangan

Petani di Bintan saat tanya jawab bersama Bupati dan Kepala Dinas Pertanian.

Bintan, Batamnews - Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketahanan pangan di Daerah, Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menggelar Silaturahmi Bersama Petani Bintan pada Kamis, 28 Desember 2023 di Aula Bandar Seri Bentan. 

Acara tersebut juga menjadi wadah untuk menyerahkan bantuan pertanian yang mencakup pupuk, benih sayuran, hingga alat dan mesin pertanian. Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan, Supriyono, menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari upaya mendukung program pertanian. 

Pada tahun 2023, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik murni maupun perubahan, serta Dana Insentif Daerah (DID), Pemerintah memberikan sejumlah bantuan kepada petani di Bintan.

Baca juga: Kabupaten Bintan Sumbangkan Peralatan Olahraga untuk Atlet Lokal

Bantuan tersebut meliputi 6 unit handtraktor untuk 6 Kelompok Tani (KT), 9 unit cultivator untuk 6 KT, 13 mesin air untuk 4 KT, 1 unit hydrotiller (bajak kura-kura) untuk 1 KT, 2 unit Kendaraan motor roda tiga (kaisar) untuk 2 KT, 910 Kg Pupuk KCL untuk 3 KT, 895 Kg Pupuk TSP untuk 3 KT, dan sejumlah bantuan lainnya.

Selain itu, petani juga menerima bantuan berupa benih durian, kangkung, sawi, bayam, hingga ternak seperti sapi, kambing, ayam, dan itik. Totalnya mencapai 6.393 kg pakan ternak untuk 7 KT dan 12,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Bupati Bintan, Roby Kurniawan, berharap bantuan yang diberikan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Bintan. Dia menekankan pentingnya memanfaatkan peluang besar di sektor pertanian dan pangan, mengingat Bintan merupakan wilayah penyumbang pasokan pangan untuk Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Baca juga: Jumlah Penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Meningkat Selama Libur Natal 

"Manfaatkan dengan sebaik mungkin. Kita punya kekuatan dan peluang besar di sektor pertanian maupun pangan. Kami sangat percaya, para petani Bintan mampu mengembangkan hasil produksinya. Kami bangga dengan para petani hebat yang ada di Bintan," ujar Roby.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mencatat pencapaian luar biasa dengan penurunan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan menjadi 0,16 persen. Hal ini telah mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden RI dan dana insentif yang akan digunakan untuk memberikan bantuan pada seluruh kelompok tani di Kabupaten Bintan.

Tak hanya dukungan dari APBD, Bintan juga mendapat dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Belanja Tidak Langsung (ABT). 

Dukungan ini mencakup pengembangan kawasan cabai, penyaluran benih padi, display varietas padi, 8 unit corn sheller, serta Alsintan Pasca Panen melalui kegiatan recofusing dan ABT Ditjen Tanaman Pangan 2023.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews