Tim P2MD Ikatan Mahasiswa Muslim Politeknik Negeri Batam Serahkan Alat Sensor NPK Tanah kepada Petani Sanggam Seligi

Tim P2MD Ikatan Mahasiswa Muslim Politeknik Negeri Batam Serahkan Alat Sensor NPK Tanah kepada Petani Sanggam Seligi

Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) IMM Politeknik Negeri Batam (IMMPB) melaksanakan penyerahan Alat Sensor NPK Tanah kepada masyarakat di Kampung Sanggam Seligi, Kecamatan Nongsa, Batam. 

Batam, Batamnews - Pada tanggal 22 November 2023, Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) IMM Politeknik Negeri Batam (IMMPB) melaksanakan penyerahan Alat Sensor NPK Tanah kepada masyarakat di Kampung Sanggam Seligi, Kecamatan Nongsa, Batam. 

Acara ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan pemberdayaan yang telah dilakukan bekerja sama dengan petani setempat.

Alat Sensor NPK Tanah, yang dirancang oleh mahasiswa IMMPB dari empat jurusan berbeda yakni, Elektro, Mesin, Informatika, dan Manajemen Bisnis, bertujuan untuk membantu para petani mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal. 

Baca juga: Politeknik Batam Perkuat Kerjasama dan Beri Apresiasi Mitra Industri

Pengembangan alat ini merupakan hasil kolaborasi langsung dengan petani setelah observasi dan wawancara mendalam mengenai kebutuhan di lapangan.

Proses pembuatan alat ini diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, sebagai bukti dedikasi dan inovasi dari tim P2MD yang terdiri dari mahasiswa yang antusias dan berkomitmen. 

Penyerahan alat secara simbolis dilakukan oleh Ketua Tim P2MD IMM Muammar Khadapi kepada Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rezeki. 

Lurah Sambau, dalam sambutannya, mengungkapkan apresiasinya terhadap perhatian dan dedikasi mahasiswa IMM Politeknik Negeri Batam dalam mengembangkan solusi inovatif untuk kemajuan pertanian di wilayahnya.

Baca juga: Politeknik Batam Luncurkan Film Animasi Perdana, Batik Girl Series, Episode 1: Ficusia

Selain itu, Prof. Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd., selaku Direktur Kemahasiswaan dan Karier Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, yang hadir dalam acara tersebut, berdialog dengan petani dan menyaksikan secara langsung interaksi antara mahasiswa dan masyarakat, mengapresiasi program yang telah dilaksanakan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang, tidak hanya dalam peningkatan produksi pertanian tetapi juga dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat petani. 

Sebagaimana diketahui, adapun mahasiwa yang tergabung dalam P2MD IMM Politeknik Negeri Batam tersebut yakni; Aisyah Putri Arifah, Aninda Nurul Hidayani S, Edo Isjunainur, Kiren Khoirunnisa, Muammar Khadapi Arif N, M. Aqshal Kurniawan D, Muhammad Fauzan, M. Willies Kurniawan, Rayyan Fachri Rahman, dan Zacky Ilham Mhenziz.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews