Harga Cabai Turun, DKP Pekanbaru Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Jelang Nataru

Harga Cabai Turun, DKP Pekanbaru Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Jelang Nataru

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru telah melakukan serangkaian pemantauan harga dan ketersediaan berbagai komoditas pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru telah melakukan serangkaian pemantauan harga dan ketersediaan berbagai komoditas pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. 

Kepala DKP Pekanbaru, H. Maisisco, bersama timnya mengunjungi Pasar Cik Puan untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pangan seperti beras, gula, minyak goreng, telur, cabai, dan bawang dalam kondisi yang cukup dan stabil, Senin, 18 Desember 2023.

''Alhamdulillah, hari ini kami melakukan pemantauan di lapangan, di sejumlah pasar, dan salah satunya adalah di Pasar Cik Puan ini,'' ungkap Maisisco yang saat itu didampingi Kabid Ketersediaan dan Cadangan Pangan DKP Pekanbaru, Dinal Husna. 

Maisisco menyampaikan, bahwa dari penjelasan sejumlah pedagang, untuk ketersediaan bahan pangan baik beras, gula, minyak goreng, telur, cabai dan bawang cukup banyak. 

Baca juga: Wako Rudi Ungkap Makna 'Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru' di Hari Jadi Ke-194

''Tadi saya juga mengkonfirmasi kepada pedagang tentang asal sumber bahan pangan, dan mereka menjelaskan bahwa pasokan masuk dari beberapa distributor dan pemasok, seperti cabai, bawang, gula dan minyak goreng, beras dan telur. Artinya, ketersediaan aman,'' jelas dia. 

Begitu pun dengan harga, dia menjelaskan, sejauh ini tidak terjadi lonjakan yang berarti. ''Untuk beras, minyak goreng, bawang, harga normal. Sementara untuk bawang ada kenaikan tipis, dan harga cabai terus mengalami penurunan yang signifikan,'' jelas Maisisco. 

Untuk beras merek Anak Daro masih berkisar Rp17.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Minyakita Rp14.000, gula Rp16.000 hingga 17.000, dan telur Rp48.000 per papan. 

Sementara itu, untuk harga cabai merah Bukittinggi, juga mulai mengalami penurunan signifikan, dari sebelumnya berkisar Rp80.000 kini sudah sekitar Rp60.000 per kilogram hingga 65.000 per kilogram. 

Baca juga: Pekanbaru Tunggu Keputusan Pusat Terkait Penampungan Pengungsi Rohingya

Sementara untuk cabai merah asal Aceh, harganya jauh lebih murah, yakni berkisar Rp50.000 per kilogram. Adapun untuk cabai hijau keriting berkisar Rp35.000 per kilogram. 

Bawang, harganya sedikit mengalami kenaikan yakni berkisar Rp35.000 per kilogram untuk kualitas biasa dan Rp40.000 untuk bawang dengan ukuran besar. Sementara itu, untuk ayam potong, hari ini mengalami kenaikan tipis yakni berkisar Rp23-26.000 per kilogram. 

Adapun daging sapi, masih stabil di kisaran harga Rp140.000 per kilogram, sementara jengkol seharga Rp5.000 per 10 butir. 

''Kami Pemerintah Kota Pekanbaru berharap, kondisi harga ini bisa lebih baik dari waktu ke waktu, sehingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat khususnya dalam berbelanja kebutuhan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru nanti,'' harap dia. 

Baca juga: Perpres Tentang Proyek Rempang Eco City Terbit, Wako Batam Rudi Siap Eksekusi

Pihaknya juga akan terus memantau kondisi ini secara berkala guna memastikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan dan lonjakan harga. 

Selain itu, Pemko melalui DKP juga masih akan melaksanakan Gerakan Pangan Murah guna memantau, memudahkan masyarakat mengakses bahan pangan dan mendapatkan harga yang lebih murah. 

Harga Komoditas Pangan di Kota Pekanbaru Hari ini:

1. Beras Anak Daro Rp17.000 per kilogram. 
2. Beras SPHP Rp11.500 per kilogram 
3. Cabai merah bukit Rp60.000-Rp65.000 per kilogram 
4. Cabai hijau keriting Rp35.000 per Kilogram 
5. Cabai merah aceh Rp50.000 per kilogram 
6. Bawang Rp35.000 per kilogram 
7. Telur ayam ras Rp48.000 per kilogram 
8. Ayam potong Rp23-26.000 per kilogram 
9. Gula pasir Rp16-18.000 per kilogram 
10.Minyak goreng Minyakita Rp14.000 per kilogram.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews