KSOP Karimun Cek Kesiapan Armada Angkutan dan Terminal Jelang Arus Mudik Nataru

KSOP Karimun Cek Kesiapan Armada Angkutan dan Terminal Jelang Arus Mudik Nataru

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, pastikan kesiapan armada angkutan laut dan terminal penumpang di Pelabuhan Karimun yang diprediksi naik dari tahun sebelumnya.

Karimun, Batamnews - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, pastikan kesiapan armada angkutan laut dan terminal penumpang di Pelabuhan Karimun yang diprediksi naik dari tahun sebelumnya.

Hal itu dilakukan dengan melakukan pengecekkan secara langsung ke terminal penumpang dan agen kapal, setelah Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Senin, 18 Desember 2023.

Apel kesiapan Nataru 2024 itu melibatkan sejumlah instansi seperti TNI-Polri, KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Basarnas, Dinas Perhubungan, Kejaksaan, PT Pelni dan BUP Karimun.

Baca juga: Desa Pongkar di Karimun Jadi Model Desa Anti Korupsi

"Hari ini kita menggelar apel kesiapan pasukan dan meninjau langsung terminal pelabuhan dan kesiapan armada angkutan dalam menyambut libur Nataru," kata Plt Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi.

Peninjauan persiapan tersebut dilakukan untuk memastikan persiapan armada guna menampung lonjakan penumpang saat arus puncak nanti. Pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sebesar 3- 5 persen dibandingkan tahun tahun 2022.

"Untuk tahun ini prediksi kita naik 3 hingga 5 persen, hal ini karena libur sekolah dan Nataru bersamaan. Adapun armada yang disiapkan ada 48 unit untuk tujuan domestik dan Internasional," katanya.

Baca juga: Raja Rafiza Berkomitmen Lanjutkan Pembangunan di Karimun Melalui Aspirasi Rakyat

Adi Affandi juga mengatakan peningkatan terjadi pada tanggal 22-24 Desember, sementara untuk puncak arus balik penumpang diperkirakan terjadi pada 2-7 Januari 2024 mendatang.

"Kami imbau kepada operator kapal agar dapat menjalankan SOP atau aturan keselamatan saat berlayar. Semoga arus mudik dan balik berjalan lancar di Pelabuhan Karimun," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews