Wako Rudi Ungkap Makna 'Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru' di Hari Jadi Ke-194

Wako Rudi Ungkap Makna

Puncak perayaan Hari Jadi Kota Batam yang ke-194 dirayakan dengan semarak melalui sebuah upacara di Dataran Engku Putri. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, hadir sebagai inspektur upacara dalam peringatan yang sarat makna ini. (Foto: dok.Pemko Batam)

Batam, Batamnews - Puncak perayaan Hari Jadi Kota Batam yang ke-194 dirayakan dengan semarak melalui sebuah upacara di Dataran Engku Putri. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, hadir sebagai inspektur upacara dalam peringatan yang sarat makna ini.

Dalam amanatnya, Rudi memaparkan bahwa pada 18 Desember 2023, Batam merayakan usia yang ke-194. Penetapan ini berdasarkan surat perintah Dipertuan Muda Riau Lingga kepada Raja Isa Ibni Raja Ali pada tarikh 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriyah, yang bertepatan dengan 18 Desember 1829.

Dengan tema "Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru", Rudi menekankan bahwa tema ini mengandung makna bahwa Batam harus terus dibangun secara konsisten, komprehensif, dan berkelanjutan. 

Kota ini harus mempertimbangkan kebutuhan pelayanan sosial serta menciptakan kondisi usaha yang kondusif bagi kebahagiaan warganya.

Baca juga: Meriahkan Hari Jadi Batam ke-194, Unduh Logo dan Twibbon Resmi di Sini!

"Batam Kota Baru adalah gambaran harapan dan impian akan Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang modern dan sejahtera," ujar Rudi, Senin, 18 Desember 2023.

Dia menambahkan bahwa Batam adalah kota metropolitan yang menyatukan beragam individu dari berbagai latar belakang. Sebagai pusat pertemuan dunia usaha yang saling berkontribusi, Batam menjadi kota yang dipenuhi oleh individu tangguh, inovatif, dan berdedikasi.

"Kita harus optimis dan berkolaborasi membangun Kota Batam," tegasnya.

Rudi menekankan bahwa pembangunan Batam bukanlah tugas semata dari Pemerintah Kota Batam atau Badan Pengusahaan (BP) Batam, melainkan dari semua pihak yang turut serta dalam mewujudkan kemajuan kota ini. Berada di wilayah strategis, Batam harus memiliki kemampuan bersaing secara internasional.

Baca juga: Tak Lupa Sejarah, Wako Rudi Ziarah Makan Zuriat Nong Isa di Hari Jadi Batam Ke-194

Dalam konteks kebijakan pemerintah pusat, penetapan Eco-City sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Permen Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2023 menjadi langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Batam.

"Kami juga menyampaikan bahwa pada 8 Desember 2023 telah ditetapkan Pepres No. 78 untuk pengembangan Kawasan Rempang Eco-City," jelasnya.

Upacara Hari Jadi Batam ke-194 juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, para pejabat tinggi daerah, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batam. 

Acara ini menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen bersama untuk memajukan dan mewujudkan visi Kota Batam yang lebih maju dan berdaya saing.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews