Pulau Senua di Natuna, Destinasi Wisata Eksotis yang Wajib Dikunjungi

Pulau Senua di Natuna, Destinasi Wisata Eksotis yang Wajib Dikunjungi

Salah satu sudut pemandangan di Pulau Senua. (Foto: dok.Dispar Natuna)

Natuna, Batamnews - Pesona Pulau Senua yang memikat dengan pasir putih lembut dan air laut yang begitu jernih hingga terlihat dasar lautnya kini menjadi destinasi impian para penggemar keindahan pantai dan laut.

Terletak di Laut Cina Selatan, Pulau Senua, yang secara administratif terletak di Desa Sepempang, Natuna, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Untuk mencapai Pulau Senua, wisatawan perlu menempuh perjalanan darat sekitar 15 menit dari Kota Ranai ke Desa Sepempang, bisa dengan menggunakan motor atau mobil. 

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menaiki pompong (kapal kayu nelayan) selama sekitar 30 menit. Biaya sewa pompong pulang-pergi sekitar Rp 400.000.

Baca juga: Calok, Sambal Udang Kecil Khas Natuna yang Menggugah Selera

Ketika berlayar menuju Pulau Senua dengan pompong, wisatawan akan melihat Pulau Senua yang terlihat seperti seorang wanita hamil yang sedang berbaring, sesuai dengan arti kata "Senua" dalam bahasa setempat yang berarti satu tubuh berbadan dua.

Penamaan pulau ini merujuk pada legenda lokal yang menceritakan bahwa pulau ini adalah jelmaan seorang perempuan hamil.

Keunikan bentuk pulau ini hanyalah permulaan dari pesona Pulau Senua. Begitu tiba di dermaga apung di Pulau Senua, pengunjung akan terpesona oleh kejernihan air lautnya, yang seperti kristal, dihiasi dengan pemandangan dasar laut yang memukau. 

Pantainya berpasir putih dan dihiasi dengan batuan-batuan yang menjadi objek geowisata menarik.

Baca juga: Dispar Natuna Bersinergi dengan Travel Agent di Batam Promosikan Destinasi Wisata

Selain menikmati keindahan di daratan, Pulau Senua juga menawarkan pengalaman snorkeling dan diving yang luar biasa. Pengunjung dapat mulai snorkeling dari pantai dekat dermaga apung atau melakukan diving di tengah laut, menikmati kecantikan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Pulau Senua. Karena belum ada fasilitas kantin, pengunjung disarankan membawa makanan dan minuman sendiri. Selain itu, pastikan untuk membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri.

Disarankan juga untuk menikmati keindahan di daratan terlebih dahulu sebelum menjelajahi kehidupan bawah laut, mengingat pasokan air bersih di pulau ini cukup terbatas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews