Prajurit Penggendong Zhafirah, Pendaki yang Videonya Viral Dapat ucapan Khusus dari Prabowo

Prajurit Penggendong Zhafirah, Pendaki yang Videonya Viral Dapat ucapan Khusus dari Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat berada di Agam, Sumatera Barat. (Foto: Kemenhan RI)

Agam, Batamnews - Sebuah video viral di media sosial menunjukkan aksi heroik seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Prada Muhammad Arifin, yang menggendong seorang pendaki perempuan, Zhafirah Zahrim Febrina, yang terjebak dalam erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat. 

Aksi ini mendapatkan apresiasi khusus dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Prabowo, yang mengunjungi posko tanggap bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam pada Sabtu, 9 Desember 2023, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Prada Arifin dan seluruh prajurit TNI yang terlibat dalam upaya penyelamatan. 

"Terima kasih," ujar Prabowo sambil memegang pundak Prada Muhammad Arifin.

Baca juga: Berita Terpopuler: Mantan Komandan Anak Pulau 5 Hari Warga Tak dapat Air Bersih hingga Cara Masuk Malaysia

Prada Arifin, anggota Yonif 131 Braja Sakti, Payakumbuh, Sumatera Barat, menceritakan bahwa proses evakuasi dimulai sejak pukul 11 malam waktu setempat pasca erupsi Gunung Marapi. 
Bersama dengan 7 anggota lainnya dan 4 warga sipil, mereka menyusuri medan terjal dan licin untuk mencapai Zhafirah yang terjebak di lubang.

"Pukul dua pagi, kami menemukan korban (Zhafirah) di lubang dan minta tolong," kata Arifin.

Sebelumnya Zhafirah Zahrim Febrina, mahasiswa Politeknik Negeri Padang berusia 19 tahun, terlihat dalam kondisi yang mengkhawatirkan setelah terjebak dalam erupsi Gunung Marapi. Dia merekam video tersebut untuk memberitahukan kepada, keluarganya bahwa kondisinya dengan wajah dipenuhi debu vulkanik.

Baca juga: Ibu Melahirkan di Dalam Taksi Online, Saat akan Periksa Kandungan  

Gunung tersebut mengalami erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023, mengeluarkan kolom abu vulkanik setinggi kurang lebih 3000 meter dari puncak, disertai suara keras dan erupsi susulan sepuluh menit kemudian.

Kejadian tragis ini menewaskan 23 orang pendaki dari lebih dari 70 orang yang terjebak dalam bencana alam tersebut. 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggarisbawahi pentingnya peran TNI dalam upaya penanggulangan bencana alam dan menyampaikan dukungan penuh terhadap para prajurit yang terlibat dalam operasi penyelamatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews