14 Warga Tiongkok Diamankan di Tanjungbalai Karimun, Diduga Gunakan Visa Wisata

14 Warga Tiongkok Diamankan di Tanjungbalai Karimun, Diduga Gunakan Visa Wisata

Ilustrasi

Karimun, Batamnews - Sebanyak 14 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok diamankan oleh petugas Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau. 

Mereka diduga melanggar aturan keimigrasian dan izin tinggal setelah diamankan di salah satu perusahaan di wilayah Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, pada Kamis, 30 November 2023.

Kasubsi Teknologi dan Informasi Kantor Imigrasi, Gerson Silalahi, mengkonfirmasi bahwa ke-14 WNA Tiongkok tersebut terdeteksi selama pengawasan orang asing di perusahaan tersebut. 

Baca juga: Tak Jera di Penjara, Residivis Pencurian di Karimun Kembali Ditangkap 

"Dari hasil pemeriksaan, mereka menggunakan visa wisata, sementara itu jelas-jelas melanggar aturan keimigrasian," ujar Gerson pada Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Gerson, para WNA Tiongkok tersebut masuk ke Indonesia melalui Jakarta, transit di Batam, dan kemudian menuju Karimun. Mereka diketahui masih baru dalam kunjungan mereka di Indonesia dan sedang melakukan survey di perusahaan tempat mereka diamankan.

Adapun identitas ke-14 WNA Tiongkok yang diamankan adalah JZ, CC, XJ, JZ, LS, LJ, DJ, FJ, JY, SH, TZ, ZS, QZ, LC. Keseluruhan mereka saat ini ditahan di ruang detensi Kantor Imigrasi Karimun.

Baca juga: Cara Masuk Malaysia Terbaru! Panduan Lengkap Mengisi MDAC untuk Wisatawan Asing 

"Dugaan kami, mereka melanggar Pasal 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, setiap Orang Asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian Izin Tinggal yang diberikan kepadanya," tambah Gerson.

Kantor Imigrasi Karimun akan terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait pelanggaran yang dilakukan oleh para WNA Tiongkok tersebut untuk memastikan penegakan hukum yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews