Dua WNI Ditangkap Saat Mencoba Masuk Singapura dengan Sampan Bermotor

Dua WNI Ditangkap Saat Mencoba Masuk Singapura dengan Sampan Bermotor

Perahu yang digunakan dua WNI saat mencoba masuk secara ilegal ke Singapura. (Foto: Polisi Singapura)

Singapura, Batamnews - Upaya penyusupan ilegal ke Singapura tergagalkan dengan penangkapan dua pria Warga Negara Indonesia (WNI) pada 20 November 2023. Mereka tertangkap tangan ketika mencoba memasuki negara kota tersebut menggunakan sampan bermotor.

Melansir the strait time, menurut keterangan Polisi Singapura, sebuah kapal misterius bergerak cepat terdeteksi oleh sistem pengawasan Penjaga Pantai pada malam hari tanggal 19 November, sekitar pukul 23.58, mendekati garis pantai Jalan Pantai Tanah Merah. 

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Berniat Liburan ke Singapura dari Batam

Kapal tersebut berhasil melewati penghalang laut terapung di Kanal Tanah Merah sebelum berhasil tiba di tepian.

Operasi penangkapan yang cepat dan terkoordinasi melibatkan Petugas Polisi Penjaga Pantai (PCG), Divisi Polisi Bedok, Kontingen Gurkha, serta Komando Operasi Khusus. Dalam waktu kurang dari tujuh jam sejak deteksi pertama, kedua pria berusia 33 dan 36 tahun itu berhasil ditangkap.

Pria-pria tersebut, yang saat itu tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, kini menghadapi dakwaan serius. Sampan fiberglass mereka sepanjang 5 meter dengan motor bertenaga, juga telah disita sebagai barang bukti.

Baca juga: Warga Batam, Berikut Tempat Wisata Terbaik di Singapura untuk Liburan Singkat Akhir Pekan

Kedua tersangka dijadwalkan akan dihadapkan ke pengadilan pada 21 November dengan tuduhan masuk secara tidak sah ke Singapura. 

Menurut hukum setempat, mereka berisiko menjalani hukuman penjara hingga enam bulan dan paling sedikit menerima tiga kali hukuman cambuk jika terbukti bersalah.

Penyelidikan terkait insiden ini masih terus berlanjut, dan Polisi Singapura menegaskan bahwa akan ada tindakan tegas terhadap setiap upaya ilegal untuk memasuki wilayah mereka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews