Operasi Malam Minggu Polresta Barelang Berantas Balap Liar: Amankan Puluhan Kendaraan

Operasi Malam Minggu Polresta Barelang Berantas Balap Liar: Amankan Puluhan Kendaraan

Polresta Barelang melakukan patroli malam minggu. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Polresta Barelang melalui Unit Turjawali (Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli) Satuan Lalu Lintas, menggelar kegiatan Patroli Blue Light pada Sabtu, 2 Desember 2023, malam. Aksi ini digelar di sejumlah ruas jalan utama Kota Batam. 

Selain patroli, kegiatan ini juga menekankan penertiban terhadap puluhan kendaraan motor roda dua yang tidak dilengkapi izin administrasi atau menggunakan knalpot racing (brong).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Iptu Yelvis Oktaviano yang didampingi oleh KBO Satlantas Polresta Barelang, Ipda Yudi Patra. 

Langkah ini diambil guna mengatasi permasalahan yang seringkali meresahkan masyarakat terkait kendaraan bermotor yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Baca juga: Balap Liar di Simpang Kara Meresahkan, Polisi Bakal Perketat Patroli Malam di Batam

Patroli tersebut juga dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan, meningkatkan keselamatan, mencegah aksi balap liar, serta menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar). 

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Cut Amelia Sari menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat dari aksi balap liar dan kejahatan di jalanan.

Iptu Yelvis mengatakan, Personel Satlantas Polresta Barelang menyisir beberapa lokasi strategis, termasuk Hotel 01, Hotel Harmoni One, Simpang Franky, dan Simpang Kara, yang sering dijadikan tempat berkumpul anak-anak muda dan keramaian malam. 

Selain menjaga keamanan, petugas juga melakukan tindakan terhadap puluhan kendaraan bermotor roda dua yang tidak dilengkapi izin administrasi dan menggunakan knalpot racing.

Baca juga: Ops Tertib Lalin di Batam, Polsek Gabungan Zona 3 Amankan 9 Pemuda dan 8 Sepeda Motor Terlibat Balap Liar

"Malam ini kami telah melakukan penertiban terhadap puluhan kendaraan bermotor karena kami dapati tidak sesuai aturan yang berlaku. Kami mengimbau pengguna jalan, terutama anak-anak muda, untuk tidak menggunakan knalpot racing dan menghindari aksi balap liar demi keselamatan mereka dan orang lain," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga menggarisbawahi pentingnya peran orang tua dalam memastikan keamanan anak-anak saat berada di luar rumah, terutama di malam hari. Beliau menekankan bahwa kontrol dan pengawasan yang ketat dari orang tua terhadap aktivitas anak-anak mereka sangatlah penting.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan penertiban ini, diharapkan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Batam, khususnya para pengguna jalan," pungkasnya.

Sebelumnya, banyak keluhan dari masyarakat terkait perilaku anak-anak muda di beberapa titik lalu lintas yang dianggap membahayakan pengendara lainnya. Bahkan, serangkaian kejadian tragis dengan sejumlah korban telah menjadi sorotan utama. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews