Kebakaran Gudang Minyak di Natuna Timbulkan Kerugian Hampir Setengah Milyar Rupiah

Kebakaran Gudang Minyak di Natuna Timbulkan Kerugian Hampir Setengah Milyar Rupiah

Kebakaran di Gudang Minyak Kabupaten Natuna.

Natuna, Batamnews - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Natuna telah memberikan respons cepat dalam memadamkan kebakaran yang melanda gudang minyak di Desa Sedarat Baru, Kecamatan Batubi, pada Jumat, 24 November 2023.

Kepala Dinas Damkar Natuna, Syawal Saleh, menyatakan bahwa kejadian ini menimpa gudang bahan bakar minyak (BBM) milik Purba, setelah dilaporkan oleh warga setempat sekitar pukul 14.00 WIB. 

Meskipun respon cepat diberikan, jarak tempuh yang jauh ke lokasi kejadian membuat upaya pemadaman menjadi sulit, sesuai dengan standar waktu tanggap daerah layanan Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK), yang memakan waktu sekitar 40 menit.

Baca juga: Gudang Minyak di Desa Sedadat Baru Natuna Dilalap Si Jago Merah

Syawal Saleh mengungkapkan, "Kami telah mengerahkan satu regu dan satu unit petugas untuk melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Meski menghadapi kendala jarak, upaya pemadaman terus dilakukan secara maksimal."

Kerugian sementara akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp500 juta. Namun, dalam informasi awal, tidak ada laporan korban jiwa akibat insiden ini.

Kejadian ini menyoroti tantangan dalam menanggapi kebakaran di daerah terpencil, di mana jarak menjadi faktor krusial dalam upaya pemadaman. 

Baca juga: Update Nelayan Natuna: Ditangkap di Malaysia, Bagaimana Nasib Mereka?

Syawal Saleh menekankan perlunya sinergi antara pihak berwenang dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kapabilitas tanggap darurat guna mengurangi risiko serupa di masa depan.

"Penting bagi kita semua, pihak berwenang dan masyarakat, untuk bersinergi dalam menghadapi situasi darurat seperti ini. Kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan kapabilitas tanggap darurat untuk mengurangi risiko kebakaran di daerah terpencil," tambah Syawal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews