HUT PGRI Ke-78: Pemkab Lingga Catat Peningkatan Signifikan di Bidang Pendidikan

HUT PGRI Ke-78: Pemkab Lingga Catat Peningkatan Signifikan di Bidang Pendidikan

Plt Kadisdikpora Lingga Armia (tengah) didampingi Bupati Lingga dan Asisten I Pemkab Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. 

Berbagai capaian penting telah diraih hingga tahun 2023 ini. Hal itu diungkapkan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikpora Lingga, H. Armia, pada Kamis, 23 November 2023.

Salah satu pencapaian utama adalah revitalisasi sekolah-sekolah di Lingga yang bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kelayakan proses belajar mengajar bagi siswa-siswi. 

Pemerintah daerah juga telah mengambil langkah progresif dengan bakal mengganti transportasi laut pendidikan dari pompong kayu menjadi pompong fiber yang lebih modern dan aman.

Baca juga: Pemkab Lingga Raih Predikat 'Informatif' dalam Keterbukaan Informasi Publik 2023

Pemerintah Kabupaten Lingga tidak hanya fokus pada infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan guru. Armia mengumumkan rencana kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi seluruh guru di Kabupaten Lingga. 

"Selain hal itu kedepannya, akan ada kenaikan TPP untuk seluruh guru- guru yang ada di Kabupaten Lingga" ujar Armia.

Ia menjelaskan, plafon anggaran terus meningkat, pada awal periodenya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan mendapat anggaran sebesar Rp 232 miliar. Selanjutnya pada periode kedua bertambah menjadi Rp 247 miliar, dan hingga pada periode ke-tiga pada masa jabatannya ini plafon anggaran meningkat menjadi Rp 275 miliar.

"Kenaikan sekitar Rp 50 miliar ini merupakan upaya kita untuk menjemput bola ke pusat, agar dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah-sekolah SD, PAUD, dan aktivitas guru di Lingga," jelasnya.

Baca juga: Lingga Perkuat Fondasi Pendidikan dengan Pengukuhan Forum PAUD-SD

Armia juga menyampaikan komitmennya pada tahun 2023 hingga 2024 ini seluruh sekolah akan terus direhab atau di revitalisasi dengan menggunakan anggaran DAK dan APBD.

"Kita akan rehab sekolah-sekolah melalui DAK sebanyak 71 sekolah dan melalui APBD pemerintah daerah merehab sebanyak 62 sekolah," sebutnya.

Masih komitmen di dunia pendidikan, ia juga menyampaikan bahwa Bupati Lingga juga berencana akan melaksanakan kerjasama dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji untuk bidang Kedokteran. 

"Oleh karena itu dari sekarang kita sudah siapkan pondasi, sehingga kedepannya hal-hal yang menjadi target kita satu persatu menjadi terwujud," pungkasnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews