Terungkap Penyebab Ambruknya Jalan Menuju Arah Sekupang Batam

Terungkap Penyebab Ambruknya Jalan Menuju Arah Sekupang Batam

Pengerjaan jalan amblas di Batam. (Foto: dok.BP Batam)

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam, Suhar, dengan cepat memberikan tanggapan terhadap insiden jalan amblas di jalur menuju Sekupang. 

Beliau menjelaskan bahwa keruntuhan jalan tersebut terjadi karena struktur di bawahnya, tepatnya pada konstruksi corrugated, telah melewati batas usia operasionalnya. 

"Penurunan taman asri di jalan menuju Sekupang itu amblas sekira pukul 05:45 tadi pagi, disebabkan memang pada jalan tersebut itu berdekatan dengan 2 lokasi aliran air yang dibawahnya dialirkan dengan kontruksi crrugated, yaitu pipa baja bergelombang untuk mengalirkan air," kata dia kepada Batamnews, Kamis, 23 November 2023.

Baca juga: Quick Response BP Batam Tangani Jalan Amblas Arah Tiban-Sekupang, Masyarakat Diimbau Tetap Berhati-hati

Menurutnya, corrugated ini memiliki umur pakai maksimal 25 tahun, dan saat ini sudah melebihi masa tahannya. Sebelum terjadinya amblas, Badan Pengusahaan (BP) juga telah merencanakan penggantian konstruksi corrugated dengan box culvert untuk memastikan keamanan dan kualitas jalan.

"Sekarang ini sudah melebihi masanya karena menurut BP Batam itu tahun 1995 atau 1997 dibangun, dan BP Batam sudah menganggarkan itu untuk mengganti itu bertahap di perlintasan - perlintasan air," jelasnya.

Meskipun penanganan ini memerlukan penutupan satu jalur ke arah Sekupang dari Batam Center, Suhar meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Dia juga menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan konstruksi baru dengan cepat. 

Baca juga: Jalan Arah Tiban-Sekupang Batam Ditutup Gegara Ambruk dan Pohon Tumbang

"Untuk perkiraan pekerjaan biasanya 2 minggu namun kami akan berusaha secepat mungkin," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews