Pemkab Lingga Raih Predikat 'Informatif' dalam Keterbukaan Informasi Publik 2023

Pemkab Lingga Raih Predikat

Kepala Dinas Kominfo Lingga Izjumadillah menerima langsung piagam penghargaan sebagai kabupaten/kota informatif dalam keterbukaan informasi publik dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan predikat "Informatif" yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau. 

Acara yang bertempat di Aula Wan Seri Beni pada Kamis, 23 November 2023 ini merupakan bentuk apresiasi bagi badan publik yang berkomitmen terhadap pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Bupati Lingga, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Lingga Izjumadillah, S.Pd bersama Kepala Bidang IKP Gunawan, S.Kom, menghadiri acara penganugerahan tersebut. Keberhasilan ini merupakan peningkatan signifikan dari predikat "Menuju Informatif" yang diraih pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Ambung, Warisan Budaya Melayu Lingga yang Kaya Fungsi dan Sejarah

Pemkab Lingga telah menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam membangun transparansi informasi kepada masyarakat, dengan menyediakan akses ke data dan informasi melalui berbagai kanal seperti situs web resmi, media sosial, dan platform lainnya.

Inisiatif-inisiatif ini telah mendapat pengakuan dari Komisi Informasi sebagai usaha nyata mendukung prinsip keterbukaan informasi publik.

"Pemkab Lingga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat," kata Izjumadillah, S.Pd, menegaskan upaya berkelanjutan yang akan dilakukan untuk memperkuat pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Baca juga: Lingga Raih Rekor MURI Pemakaian Tudung Manto Terbanyak di Pawai Budaya HUT Ke-20

Prestasi ini tidak hanya membawa perubahan positif dalam partisipasi masyarakat, tapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Ini menegaskan posisi Lingga sebagai model bagi daerah lain dalam praktik keterbukaan informasi publik. 

Dengan predikat "Informatif", Pemkab Lingga diharapkan akan terus menginspirasi dan mengambil langkah berani untuk inovasi-inovasi baru dalam menyampaikan informasi kepada publik.

Penganugerahan ini terdiri dari lima kategori/predikat penilaian yaitu tidak informatif, kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif dan Informatif.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews