Pelajar di Tanjungpinang Patungan Bantu Palestina, Terkumpul Rp. 231 Juta

Pelajar di Tanjungpinang Patungan Bantu Palestina, Terkumpul Rp. 231 Juta

Anak-anak Palestina menerima bantuan dari Indonesia (Foto: Dok Yakesma Kepri)

Tanjungpinang, Batamnews - Dalam upaya membantu meringankan beban warga Palestina yang tengah mengalami kondisi sulit, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang melakukan penggalangan dana. Total dana yang berhasil terkumpul mencapai Rp.231 juta.

Sumbangan tersebut berasal dari para pelajar Tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Tanjungpinang. Proses pengumpulan donasi dilakukan selama satu pekan, dimulai dari tanggal 6 hingga 10 November 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati, menyatakan bahwa pengumpulan donasi ini dilakukan secara sukarela, tanpa adanya paksaan. 

Baca juga: Presiden Jokowi Tiba di AS untuk Bertemu Presiden Biden Bicarakan Masalah Gaza, Palestina

Melalui surat edaran (SE), masyarakat diajak untuk berpartisipasi dengan memberikan sumbangan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Ada yang memberikan sumbangan, ada juga yang tidak. Sifatnya menghimbau saja. Tak ada paksaan, bahkan ada yang melakukan penggalangan dana secara mandiri dan kemudian menyerahkannya kepada kita," ujar Endang pada Kamis (16/11/2023).

Meskipun jumlah donasi per orang relatif kecil, berkisar antara Rp.1.000 hingga Rp.2.000, Endang menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini bukan hanya sebatas mengumpulkan dana. 

Baca juga: Pegawai Pemprov Riau Kumpulkan Donasi Nyaris Rp 1 Miliar untuk Palestina

Lebih dari itu, kegiatan ini juga diarahkan untuk mendidik para pelajar agar memiliki rasa kepedulian terhadap sesama.

"Meskipun nilai donasi per orangnya relatif kecil, tujuan utama kami adalah mendidik para pelajar agar memiliki sikap peduli terhadap orang lain, terutama kepada saudara-saudara kita di Palestina," ungkapnya.

Seluruh dana yang berhasil terkumpul kemudian diserahkan langsung kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa bantuan dari masyarakat dapat segera disalurkan dan memberikan dampak positif bagi warga Palestina yang membutuhkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews