HUT Ke-78 TNI, Danlanal Karimun Apresiasi Loyalitas, Dedikasi hingga Profesionalisme Prajurit

HUT Ke-78 TNI, Danlanal Karimun Apresiasi Loyalitas, Dedikasi hingga Profesionalisme Prajurit

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dirayakan dengan penuh hikmat dan antusiasme di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Karimun, Batamnews - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dirayakan dengan penuh hikmat dan antusiasme di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Upacara peringatan berlangsung di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Kamis (5/10/2023). Hadir juga Bupati Karimun dan seluruh FKPD lainnya.

Peserta upacara, dengan barisan yang disiplin, menciptakan suasana yang begitu hikmat. Dalam upacara tersebut, Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa, bertindak sebagai pemimpin upacara dan membacakan pesan dan instruksi dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam amanatnya, Danlanal Joko menyampaikan apresiasi atas 78 tahun pengabdian TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir Republik Indonesia. Berbagai ancaman dan tantangan terhadap kedaulatan negara telah diatasi dengan baik.

Baca juga: Tinjau Lokasi, Perpusnas RI Bakal Bangun Perpustakaan Daerah di Lingga

Selain itu, hasil survei dari berbagai lembaga menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap TNI, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini,” ucapnya menambahkan.

Namun, TNI diingatkan untuk tidak terlena, mengingat beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi, termasuk pemulihan dari pandemi Covid-19, krisis pangan, energi, dan finansial, serta ketidakpastian geopolitik dan ekonomi di dunia.

“Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi, untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” ucap Danlanal.

Baca juga: Lowongan Pekerjaan Mendesak: Perusahaan di Sulawesi dan Kalimantan Buka Posisi di Bidang Survey Tambang

 

Peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023 mengusung tema "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju", menekankan komitmen TNI dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera.

Tema ini menjadi relevan karena tantangan besar yang dihadapi Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Kelancaran dan kesuksesan pemilihan ini akan sangat menentukan masa depan negara.

Danlanal Joko juga memberikan beberapa pesan penting, termasuk meningkatkan keimanan, menjaga netralitas, dan menjalin kerjasama dengan berbagai komponen bangsa demi stabilitas keamanan nasional.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq, menyatakan dukungannya terhadap program TNI di Karimun. Keberadaan TNI dalam menjaga teritorial sangat penting bagi wilayah terluar ini, yang mencakup 86 persen lautan.

"Kegiatan-kegiatan Baik TNI AL-AD, Polri selalu bersama-sama dengan kita. Apa yang seusia kemampuan daerah, selalu kita support untuk TNI," kata Rafiq.

Keberadaan TNI, lanjut dia, dalam menjaga teritorial sangat penting mengingat Karimun merupakan wilayah terluar dan terdepan dengan lautan mencapai 86 persen.

"Dengan semua itu Karimun bisa menjadi kondusif, sehingga ini bisa memberikan jaminan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi yang baik ke depan," ucapnya.

Setelah pelaksanaan upacara, untuk memeriahkan HUT TNI, para undangan disuguhkan dengan penampilan seni dari berbagai kalangan, baik kelompok seni, dan dari prajurit TNI di Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews