Awal Oktober: Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Mengancam Kota Batam dan Karimun

Awal Oktober: Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Mengancam Kota Batam dan Karimun

Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir di Kota Batam.

Batam, Batamnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Hang Nadim mengeluarkan peringatan terkait cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda Kota Batam dan sekitarnya dalam beberapa hari ke depan. 

Hujan deras yang berpotensi disertai angin kencang diprediksi akan terus mengguyur wilayah tersebut.

Menurut Forecaster BMKG Kelas 1 Hang Nadim, Aprilia Susilawati, cuaca ekstrem seperti ini dapat mengakibatkan angin kencang tiba-tiba dengan durasi singkat, yang dikenal dengan istilah "gusty." 

Meskipun tidak berupa pusaran angin seperti puting beliung, angin ini masih memiliki potensi merusak, terutama jika kecepatannya mencapai atau melebihi 45 kilometer per jam.

Baca juga: 464 ribu Jiwa Selamat dari Penangkapan Kasus 46, 477 Kg Sabu di Batam

Peringatan cuaca ekstrem ini juga berlaku tidak hanya untuk Kota Batam tetapi juga untuk wilayah Karimun. Hujan deras yang diperkirakan akan terjadi bersifat menyeluruh, melibatkan beberapa wilayah di Kepulauan Riau.

Menurut Forecaster BMKG, cuaca di wilayah Kepulauan Riau secara umum cenderung berawan, dan labilitas atmosfer lokal yang relatif kuat mendukung potensi pertumbuhan awan hujan. 

Oleh karena itu, warga di wilayah ini diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada pagi, siang, dan sore hari.

Sementara itu, BMKG juga memberikan peringatan khusus kepada nelayan dan aktivitas kapal di laut. Mereka diminta untuk memantau perkembangan cuaca melalui website atau aplikasi BMKG sebelum melaksanakan aktivitas pelayaran. 

Baca juga: HIPKI Dukung Pemerintah Evaluasi Perizinan Pasir Kuarsa

Selain itu, penting untuk selalu menggunakan life jacket demi keselamatan dalam situasi cuaca ekstrem seperti ini.

Warga di Kota Batam, Karimun, Bintan, Tanjung Pinang, dan Natuna dihimbau untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang dapat membahayakan keselamatan dan harta benda. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews