Kabupaten Lingga Mulai Diselimuti Kabut Asap

Kabupaten Lingga Mulai Diselimuti Kabut Asap

Jarak pandang di pelabuhan Tanjung Buton, Daik Lingga, terbatas akibat kabut asap. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Kabut asap telah sampai di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (2/10/2023). Belum diketahui pasti dari mana asal kabut tersebut.

Namun, dugaan sementara kabut itu akibat dari dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di provinsi tetangga Kepri, seperti Jambi dan Palembang.

Pantauan Batamnews di lapangan, jarak pandang di Daik Lingga cukup terbatas akibat kondisi ini. Asap tampak menyelimuti ibu kota Kabupaten Lingga itu.

Baca juga: Kelurahan Pancur di Lingga Rayakan Maulid Nabi dengan Doa, Lomba, dan Tausyiah

Bahkan di Pelabuhan Tanjung Buton, kabut asap telah membuat jarak pandang ke Pulau Kelombok terbatas. Bahkan, pulau yang ketika cuaca cerah itu dapat dilihat dengan jelas, kini hilang seketika.

Pulau Kelombok pada Senin (2/10/2023) sore tidak terlihat sama sekali dari lokasi pelabuhan tersebut.

Sebagaimana diketahui saat ini kabut asap terparah terjadi di Sumatera Selatan, Jambi, bahkan Riau hingga Sumatera Barat. Di Sumsel dan Jambi, pemerintah setempat bahkan menerapkan belajar dari rumah imbas kondisi cuaca yang buruk ini.

Bahkan di Kota Pekanbaru, Riau, kualitas udara di wilayah itu masih di level tidak sehat, Senin (2/10/2023). Kualitas udara berada pada papan konsentrasi partikulat PM2.5, berwarna kuning. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews