Pendatang Baru di Puncak Daftar Orang Terkaya Singapura: Eduardo Saverin

Pendatang Baru di Puncak Daftar Orang Terkaya Singapura: Eduardo Saverin

Eduardo Saverin jadi orang kaya nomor satu di Singapura menurut Forbes (internet)

Singapura, Batamnews - Ekspatriat terus mencatat keberhasilan mereka dalam daftar orang terkaya di Singapura, dengan total kekayaan 50 orang terkaya negara tersebut naik sebesar 8 persen menjadi 177 miliar dolar AS atau sekitar Rp2.723 triliun. 

Hal ini terjadi di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,6 persen tahun lalu, yang diperkirakan akan naik sekitar 0,5 persen hingga 1,5 persen tahun ini. Hal tersebut sebagai dampak dari lesunya ekspor dan penurunan produksi manufaktur.

Menurut laporan dari Forbes, terjadi pergeseran dalam daftar orang terkaya Singapura. Salah satu pendiri Meta Platforms, Eduardo Saverin, berhasil meraih posisi teratas dengan kekayaan bersih mencapai 16 miliar dolar AS atau setara Rp246,14 triliun. Kekayaan Saverin meningkat sebesar 6,4 miliar dolar AS setelah saham Meta, yang baru-baru ini meluncurkan Threads, mengalami kenaikan hampir 70 persen. 

Baca juga: Trending: Insinyur Sipil Malaysia di Singapura Bisa Hidup dengan Pengeluaran Harian Rp140 Ribu

Saverin juga memiliki perusahaan modal ventura B Capital Group dengan aset yang dikelola sebesar 6,3 miliar dolar AS. Ia menggantikan Li Xiting, ketua Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, sebagai orang terkaya di Singapura.

Robert dan Philip Ng tetap berada di posisi kedua orang terkaya Singapura, meskipun kekayaan mereka sedikit turun menjadi 14,8 miliar dolar AS atau setara Rp227 triliun. Posisi ketiga dipegang oleh pengusaha kesehatan, Li Xiting dengan kekayaan bersih mencapai 14 miliar dolar AS atau setara Rp 214,5  triliun.

Terdapat lebih dari separuh orang dalam daftar ini yang mengalami peningkatan kekayaan tahun ini, termasuk enam di antaranya yang masing-masing bertambah lebih dari 1 miliar dolar AS. 

Kelompok terakhir ini melibatkan beberapa keluarga miliarder dari sektor perbankan, seperti keluarga Lee yang memiliki saham di OCBC dan keluarga Lien dari United Overseas Bank, yang memperoleh keuntungan besar dan dorongan baru terkait kepemilikan mereka.

Baca juga: Insiden East Coast Road Singapura: Pengacara Didakwa Pelecehan terhadap Pengemudi Mobil

Namun, Singapura juga menghadapi tantangan politik dengan adanya skandal yang melibatkan pejabat tinggi. Pada bulan Juli, biro anti-korupsi negara tersebut menangkap dan membebaskan Menteri Transportasi Singapura serta pemilik hotel Ong Beng Seng dengan jaminan.

Selain itu, tiga pendatang baru tahun ini termasuk dua pengusaha asal China. Liang Xinjun, salah satu pendiri Fosun International, yang sekarang menjalankan kantor keluarganya, XIN Family, dari Singapura, memulai debutnya di peringkat ke-22 dengan kekayaan 2,15 miliar dolar AS. 

Dikutip inews, Sabtu (9/9/2023), David Xueling Li, salah satu pendiri dan ketua JOYY yang terdaftar di Nasdaq dan berkantor pusat di Singapura, juga masuk dalam daftar ini. Begitu juga dengan Lim Kaling dari Singapura, seorang investor awal dalam perusahaan pembuat perangkat game Razer.

Baca juga: Mid-Autumn Festival di Singapura Segera Tiba: Inilah Tempat dan Acara yang Harus Dikunjungi

Dari 50 orang terkaya Singapura dalam daftar Forbes, berikut ini 10 di antaranya:

1. Eduardo Saverin - Kekayaan bersih dari sektor teknologi sebesar 16 miliar dolar AS atau Rp 246,14 triliun.
2. Robert & Philip Ng - Kekayaan bersih dari sektor real estate sebesar 14,8 miliar dolar AS atau Rp 227 triliun
3. Li Xiting - Kekayaan bersih dari sektor kesehatan sebesar 14 miliar dolar AS setara Rp214,5 triliun
4. Goh Cheng Liang - Kekayaan bersih dari sektor manufaktur sebesar 12,3 miliar dolar AS setara Rp 188,5 triliun
5. Kwek Leng Beng & Keluarga - Kekayaan bersih dari sektor real estate sebesar 11 miliar dolar AS setara Rp 168,6 triliun
6. Zhang Yong & Shu Ping - Kekayaan bersih dari sektor Food & Beverages sebesar 9,7 miliar dolar AS atau Rp 148,6 triliun
7. Keluarga Khoo - Kekayaan bersih dari sektor real estate sebesar 8,5 miliar dolar AS setara Rp 130,2 triliun
8. Wee Cho Yaw - Kekayaan bersih dari sektor keuangan dan investasi sebesar 7,1 miliar dolar AS setara Rp 108,8 triliun
9. Leo Koguan - Kekayaan bersih dari sektor teknologi sebesar 6,5 miliar dolar AS setara Rp 99,6 triliun
10. Kwee Bersaudara - Kekayaan bersih dari sektor real estate sebesar 6,3 miliar dolar AS setara Rp 96,6 trilun


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews