Mid-Autumn Festival di Singapura Segera Tiba: Inilah Tempat dan Acara yang Harus Dikunjungi

Mid-Autumn Festival di Singapura Segera Tiba: Inilah Tempat dan Acara yang Harus Dikunjungi

Mid Autumn Festival hadir lagi di Singapura (ilustrasi/foto ST)

Singapura, Batamnews - Hanya kurang dari sebulan lagi menuju Mid-Autumn Festival, saat orang-orang menikmati mooncake yang menggoda selera, menikmati tampilan lentera, dan merayakan pertemuan keluarga di bawah sinar bulan purnama.

Mid-Autumn Festival, yang jatuh pada 29 September tahun ini, akan dirayakan di beberapa tempat di seluruh pulau Singapura. Tiket masuk gratis.

Chinatown

Mid-Autumn Festival Chinatown, bertema "Perjalanan Cinta dan Perayaan," akan menjadi hidup dengan lentera yang menghiasi jalan-jalan Chinatown. Pawai pembukaan resmi dan penyalaman akan dilakukan di Lapangan Kreta Ayer pada 15 September pukul 19.00.

Setelah itu, penerangan jalanan akan berlangsung dari 15 September hingga 14 Oktober, pukul 19.00 hingga tengah malam, di Jalan New Bridge, Jalan Eu Tong Sen, Jalan South Bridge, dan Jalan Upper Cross.

Selama periode ini, akan ada pasar perayaan dari pukul 10.00 hingga 22.00 di ruang terbuka di depan Kompleks People's Park. Pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan panggung di Lapangan Kreta Ayer pada 16 dan 17 September, pukul 19.00 hingga 21.00.

Baca juga: Singapura Memperingatkan Indonesia Bahaya Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan di Sumatera

Taman Botani By the Bay

Mid-Autumn Festival kembali lebih besar dan lebih baik di Taman Botani By the Bay, dari 15 September hingga 1 Oktober, pukul 18.00 hingga 22.00. Bertema "Taman Bunga," akan menampilkan sembilan set lentera, pawai lentera besar-besaran, dan pembagian lentera gratis pada hari pertama pukul 19.00.

Sorotan termasuk "Jembatan Magpie," sebuah set lentera yang mengapung di atas air. Mengambil inspirasi dari kisah cinta gembala dan gadis pembuat kain, set lebar 20 meter dan tinggi 8 meter ini menampilkan 38 ekor burung elang membentuk jembatan dengan sayap mereka untuk menyatukan pasangan legendaris itu.

Ada juga "Paviliun," set lentera yang juga berfungsi sebagai panggung pertunjukan. Di latar belakang Supertrees, drama musikal yang terinspirasi dari klasik Tiongkok seperti The Butterfly Lovers dan Wandering Swordsman akan dipentaskan untuk pengunjung di dalam paviliun ini yang lebar 17 meter dan tinggi 9 meter.

Set lentera "Taman Rahasia Kami" memperlihatkan makhluk-makhluk fantastis, dirancang oleh seniman ART: DIS yang berada dalam spektrum autisme.

"Blooming in Dance" yang disajikan oleh Kedutaan Besar Republik Korea menampilkan empat jenis tarian tradisional Korea. Lentera ini dibuat dari hanji, bentuk kertas tradisional Korea.

Ada juga set lentera tradisional Lanna bertheme Thailand, yang disajikan dalam kolaborasi dengan Kedutaan Besar Thailand.

Baca juga: Kasus Pencucian Uang Miliaran Dolar di Singapura: Pria Ini Beli 10 Unit Kondominium Mewah

Taman Danau Jurong

"Lights by the Lake 2023 @ Taman Danau Jurong" yang diselenggarakan oleh Badan Taman Nasional akan menampilkan 240 lentera yang disusun dalam sembilan set, mulai dari 16 September hingga 1 Oktober, pukul 19.00 hingga 23.00, di Taman Danau Jurong.

Empat dari set ini akan bertema "Odisei Satwa Liar," yang mengeksplorasi keragaman dunia binatang.

Empat lainnya, dengan tema "Gema Kota Singa," akan menjelajahi struktur dan aktivitas yang telah mencirikan Singapura di berbagai era.

Satu set terakhir akan berbentuk gerbang lentera, yang menampilkan keindahan orkid secara rinci.

Baca juga: Halimah Yacob: Perjalanan Inspiratif Perempuan Pertama Menjabat Sebagai Presiden Singapura

Pusat Budaya Tionghoa Singapura dan Orkes Tionghoa Singapura

Pusat Budaya Tionghoa Singapura (SCCC) dan Orkes Tionghoa Singapura mengadakan "Mid-Autumn Family FUN" pertama dari 29 September hingga 1 Oktober di SCCC dan Singapore Conference Hall.

Bertema "Tradisi Modern," ke-14 kegiatan ini mendorong keluarga untuk merayakan tradisi Festival Tengah Musim Gugur dengan sentuhan modern.

Sorotan termasuk konser dan pertunjukan, jalan-jalan lentera bersama panduan, truk makanan, stargazing, dan Pameran Musim Gugur dengan lebih dari 50 vendor lokal dan internasional. Beberapa acara berbayar. Juga tersedia berbagai barang gratis pada hari-hari yang berbeda.

Baca juga: Data Center Terbesar Dunia Siap Berdiri di Batam, Bakal Jadi Rival Singapura

Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall

Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall mengadakan Mid-Autumn Festival Wan Qing 2023 dari 29 Agustus hingga 1 Oktober. Menghadap pengunjung di halamannya adalah sepasang lentera panda raksasa berjudul A Mid-Autumn Paw-trait.

Mereka juga bekerja sama dengan berbagai perkumpulan klan untuk menyajikan program agar pengunjung dapat memahami lebih banyak tentang budaya dialek komunitas Tionghoa.

Sorotan dari festival terbuka Wan Qing Mid-Autumn Festival pada 23 dan 24 September dari pukul 10.00 hingga 18.30 termasuk jalur budaya Teochew oleh Teochew Poit Ip Huay Kuan; lokakarya lagu dan sajak Hokkien oleh Singapore Hokkien Huay Kuan; dan lokakarya membuat biji abakus Hakka untuk orang tua dan anak oleh Nanyang Hakka Federation. Beberapa acara berbayar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews