Inisiatif Digitalisasi Kearsipan Kepulauan Riau: Gerakan Kesatria dan Sistem Srikandi

Inisiatif Digitalisasi Kearsipan Kepulauan Riau: Gerakan Kesatria dan Sistem Srikandi

Peluncuran aplikasi Srikandi di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak.

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengambil langkah berani dalam mendorong digitalisasi kearsipan daerah dengan meluncurkan dua inisiatif utama, yaitu Gerakan Kepri Sadar dan Tertib Arsip (Kesatria) serta Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

Acara peluncuran ini berlangsung dengan meriah di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, pada pagi hari Selasa (05/09).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, membuka acara tersebut dan menyatakan bahwa Gerakan Kesatria adalah sebuah upaya kolaboratif yang bertujuan untuk menyatukan persepsi, meningkatkan motivasi, dan membangun komitmen yang tinggi dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap pentingnya pengelolaan arsip sebagai pilar akuntabilitas.

Baca juga : Pesawat C-130 J Super Hercules Tiba di Tanjungpinang

"Gerakan ini adalah langkah penting dalam mempertahankan sejarah dan memastikan akses yang mudah terhadap dokumen penting daerah, sebagai warisan digital untuk generasi mendatang di Kepri," ujar Sekdaprov Adi.

Selain Gerakan Kesatria, peluncuran Srikandi juga menjadi sorotan utama. Srikandi adalah platform canggih yang diharapkan akan mengubah paradigma pengarsipan di Kepri. 

Dengan adopsi teknologi ini, diharapkan akan tercapai efisiensi yang lebih besar dalam pengelolaan arsip, mengurangi risiko kehilangan data berharga, serta memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat bagi seluruh pihak terkait.

Baca juga : Asisten Ajudan Presiden Jokowi Bicara tentang Kepemimpinan Mahasiswa di Tanjungpinang

"Srikandi bukan hanya sebuah alat modern untuk pengarsipan, tetapi juga merupakan simbol komitmen kita untuk memajukan daerah ini melalui teknologi. Arsip yang terjaga dengan baik akan menjadi aset berharga di masa depan," tambah Sekdaprov Adi.

Acara ini juga melibatkan penandatanganan komitmen bersama antara pimpinan OPD dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. 

Turut hadir dalam acara ini Plh. Kepala Arsip Nasional, Imam Gunarto, yang memberikan sambutan melalui video conference, serta berbagai pejabat tinggi dan jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri.

Dengan peluncuran Gerakan Kesatria dan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menunjukkan tekadnya dalam menghadapi era digital dengan mengutamakan pengelolaan arsip yang efisien, modern, dan berkelanjutan untuk mendukung perkembangan daerah ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews