Pelantikan 9 Penjabat Gubernur Baru oleh Menteri Dalam Negeri, Termasuk Andap Budhi Revianto untuk Sulawesi Tenggara

Pelantikan 9 Penjabat Gubernur Baru oleh Menteri Dalam Negeri, Termasuk Andap Budhi Revianto untuk Sulawesi Tenggara

Komjen Andap Budhi Revianto (kanan) saat bertugas sebagai Kapolda Kepri 2020 lalu (Foto: Batamnews)

Jakarta, Batamnews.co.id - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, secara resmi melantik sembilan Penjabat (Pj) Gubernur pada Selasa (5/9). Acara pelantikan berlangsung di Gedung Kemendagri, Jakarta, dan dihadiri oleh beberapa gubernur yang akan purnatugas, termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Profil Pejabat Baru

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Komjen Pol. Dr. (HC.), Andap Budhi Revianto, yang akan menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, Andap menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Andap juga pernah menjadi Kapolda Kepri pada tahun 2018 hingga 2020. 

Selain Andap, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, juga dilantik sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

Sumpah Jabatan

Tito Karnavian langsung mengambil sumpah para Pj Gubernur dengan mengatakan, "Sebelum Saudara mengucapkan janji sebagai Pj Gubernur, bersediakah saudara bersumpah menurut agama masing-masing?" Para Pj Gubernur menjawab dengan serentak, "Bersedia."

Menteri Dalam Negeri kemudian melanjutkan, "Saya minta saudara-saudara mengikuti kata-kata saya. Bagi yang beragama Islam, demi Allah saya bersumpah. Bagi yang beragama Hindu Om Atah Paramawisesa akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan setulus-tulusnya serta berbakti kepada masyarakat, negara dan bangsa."

Masa Jabatan dan Pilkada 2024

Menurut peraturan, Pj Gubernur akan menjabat paling lama selama satu tahun. Namun, masa jabatan ini bisa diperpanjang hingga terpilihnya gubernur dan wakil gubernur definitif dalam Pilkada Serentak 2024.

Daftar Nama Pj Gubernur yang Dilantik

Berikut adalah daftar nama-nama Pj Gubernur yang dilantik:

  • Bey T Machmuddin untuk Jawa Barat
  • Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana untuk Jawa Tengah
  • Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin, untuk Sumatera Utara
  • Irjen Pol Sang Made Mahendra Jaya, untuk Bali
  • Ridwan Rumasukun, untuk Papua
  • Ayodhia Kalake, untuk Nusa Tenggara Timur
  • Harrison Azroi, untuk Kalimantan Barat
  • Andap Budhi Revianto, untuk Sulawesi Tenggara
  • Bachtiar Baharuddin, untuk Sulawesi Selatan

Pelantikan ini menandai babak baru dalam pemerintahan daerah dan diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews