Universitas Batam Melantik Rektor Baru untuk Masa Jabatan 2023-2027

Universitas Batam Melantik Rektor Baru untuk Masa Jabatan 2023-2027

Rektor baru Uniba, Prof. Hj. Indrayani, SE, MM, Ph.D bersama sejumlah tokoh di Kepri

Batam, Batamnews – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, hadir dalam acara pelantikan Rektor Universitas Batam (Uniba).

​​​​​Upacara pelantikan yang berlangsung di Rumengan Hall Uniba Batam pada Jumat (25/8/2023), merupakan momen penting dalam perkembangan akademik wilayah ini.

Rektor baru Uniba, Prof. Hj. Indrayani, SE, MM, Ph.D, mengambil alih jabatan tersebut dari Prof. Yuliansyah M.S.A., PH.D, Akt, CA yang sebelumnya menjabat. Prof Indrayani akan memimpin Uniba Batam selama periode 4 tahun ke depan, yaitu dari tahun 2023 hingga 2027.

Pengambilan sumpah rektor baru dilakukan oleh Ketua Umum Yayasan Griya Husada Batam, Dr. Rusli Bintang, yang diwakili oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Uniba Batam, Malahayati Rusli Bintang. 

Acara ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pakta integritas.

Baca juga :  Ajak Kolaborasi Bangun Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Temui Tokoh KKSS Kepri

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, menyampaikan pesan dari Gubernur Ansar Ahmad. Pertama, saya mengucapkan terima kasih atas kontribusi Yayasan Griya Husada Batam melalui Uniba dalam mengembangkan sumber daya manusia unggul di Kepri.

Lebih lanjut Adi Prihantara menyebutkan bahwa transformasi ekonomi Kepri, khususnya dalam kerangka blue economy, memerlukan sumber daya manusia berkualitas untuk mewujudkan potensi laut yang luas dan mendukung pembangunan di daratan.

“Dengan kata lain, laut bisa mensejahterakan darat,” jelas Adi Prihantara.

Poin ketiga adalah tentang bonus demografi, khususnya generasi muda. Adi Prihantara menekankan perlunya menciptakan indeks pembangunan manusia yang berkualitas dan kompetitif, sehingga generasi muda ini dapat menghadapi tantangan global setelah menyelesaikan pendidikan.

Kolaborasi lintas sektor diharapkan mampu mengoptimalkan bonus demografi ini.

Baca juga :  Tanjungpinang Fest 2023: Buka Bazar IKM UMKM dan Festival Kopi Merdeka 

Adi Prihantara juga menyoroti pentingnya pendidikan berbasis vokasi yang siap menghasilkan lulusan yang langsung dapat berkontribusi pada dunia kerja. Ia mengamini bahwa kurikulum merdeka belajar perlu diimplementasikan untuk mewujudkan Kepulauan Riau yang sejahtera, maju, dan berdaya saing.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Uniba, Prof. Indrayani, berkomitmen untuk mendorong kemajuan Uniba Batam sebagai penyelenggara pendidikan berkualitas di Kepri. Ia menyatakan bahwa beberapa program unggulan telah disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk menjadikan Uniba Batam sebagai perguruan tinggi yang terpercaya dan kompetitif sesuai dengan visi dan misi universitas.

Di akhir pernyataannya, Prof. Indrayani menegaskan bahwa fokusnya adalah memajukan seluruh aspek kehidupan akademik Uniba Batam, mulai dari dekan, dosen, hingga mahasiswa di berbagai jenjang pendidikan. Tujuannya adalah menjawab tantangan zaman dan kemajuan teknologi di dunia pendidikan.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua 2 Dikti Wilayah X Afdalisma, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin, Bupati Karimun Aunur Rafik, Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirait, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, dan Berbagai undangan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews