Polres Lingga Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Bibir Pantai Desa Tanjung Harapan

Polres Lingga Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Bibir Pantai Desa Tanjung Harapan

Polres Lingga melakukan penanaman bibit mangrove di bibir pantai Desa Tanjung Harapan. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Dalam upaya peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah melakukan rangkaian kegiatan penghijauan dengan menanam pohon secara serentak di seluruh Indonesia pada Rabu (23/8/2023) pagi.

Tema yang diusung dalam gerakan ini adalah "Polri Lestarikan Negeri dengan Penghijauan Sejak Dini". Salah satu pelaksanaan penghijauan dilakukan oleh Polres Lingga, yang juga dalam penanaman pohon di pantai Desa Tanjung Harapan.

Kegiatan ini melibatkan anggota TNI dan Forkopimda, serta berkolaborasi dengan Polres Lingga. Jumlah pohon mangrove yang ditanam mencapai 1.050 bibit.

Baca juga:  Tantangan Berat Skuad Garuda di Pertandingan Semifinal Piala AFF U-23 Vs Thailand

Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, menjelaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan harapan nantinya dengan penanaman pohon mangrove akan mampu melestarikan alam dan mengurangi risiko abrasi pantai.

“Satu bibit mangrove yang kita tanam merupakan penyelamatan terhadap bumi kita, tanaman mangrove merupakan tanaman penyanggah dan paru-paru dunia,” tegasnya.

Kapolres Lingga mengatakan, dipilihnya Desa Tanjung Harapan sebagai tempat penanaman mangrove karena daerah tersebut mengalami abrasi yang cukup berat.

Baca juga:  Pengamat Politik Soal Polemik di Rempang: Rudi Kian Terpuruk Dikalangan Orang Melayu

“Dimana radius pengikisan udara tersebut terlalu tajam dan jauh, jadi diupayakan untuk memperlambat erosi berat ini dengan menyembunyikan mangrove,” ujar Kapolres.

 

Ia menambahkan, agar tanaman bakau tersebut tetap hidup, dituntut mengupayakan untuk menjaga agar tumbuh subur dan tidak diterjang gelombang.

“Maka kami akan bekerja sama dengan desa setempat untuk menjaga tanaman mangrove ini tetap hidup,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Camat Singkep Agustiar mengucapkan terima kasih kepada TNI POLRI yang selama ini telah melaksanakan penanaman mangrove di wilayah Kabupaten Lingga, khususnya pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat abrasi di wilayah Kabupaten Lingga sudah perlu menjadi perhatian bersama. Beberapa waktu lalu, pantai abrasi sudah sampai di pemukiman warga,” katanya.

“Pemerintah Kabupaten Lingga sangat mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove, dan diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dengan tujuan untuk mengurangi dampak abrasi,” Camat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, Danlanal Dabo yang di wakili oleh Kasi Intel Kapten Laut (E) Budi Suharyanto, Pabung Kodim Tanjungpinang yang di wakili oleh Bhabinsa Desa Lanjut Peltu maxudi, Camat Singkep Agustiar, Camat Singkep Barat Febrizal Taufik.

Kemudian Kades Tanjung Harapan Irwansyah, Bhabinsa Desa Bukit Tanjung Harapan Koptu Erwin Saputra, Seluruh Personil Polres Lingga, Pramuka, Toga dan Tomas beserta masyarakat Desa Bukit Tanjung Harapan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews