Babinsa Koramil 06/Cerenti Riau Edukasi Masyarakat untuk Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Babinsa Koramil 06/Cerenti Riau Edukasi Masyarakat untuk Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Babinsa Koramil 06/Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau edukasi warga cegah karhutla (ist)

Kuansing, Batamnews - Babinsa Koramil 06/Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, berkomitmen untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

Langkah pencegahan ini melibatkan pendekatan yang berfokus pada kesadaran masyarakat agar menghindari tindakan membakar lahan saat hendak membuka area untuk bercocok tanam.

"Saat ini, kami dari Babinsa juga berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar. Penting bagi kita semua untuk menjaga kelestarian hutan," ungkap Sertu Firman, Babinsa Koramil 06 Cerenti, Dim 0302 Inu, kepada wartawan pada Rabu (23/8/2023).

Baca juga: Komitmen Pemerintah Kepulauan Riau untuk Tingkatkan Tata Kelola Melalui Rapat MCP KPK

Menurut Sertu Firman, pencegahan tindakan membakar lahan perlu melibatkan kerjasama semua pihak.

"Kami berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai risiko membakar lahan. Ini adalah tugas bersama," kata Sertu Firman.

Memberikan pemahaman kepada masyarakat, lanjutnya, sangatlah penting. Oleh karena itu, Babinsa memberikan sosialisasi tentang bahaya Karhutla serta sanksi yang mungkin diberlakukan jika ada upaya membakar hutan dan lahan.

Ia juga menekankan pentingnya bagi masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, terutama saat musim kemarau.

Baca juga: Polemik Rempang, Peneliti BRIN: Jadikan Kampung Tua Rempang sebagai Cluster Budaya

"Kami mengajak masyarakat agar segera melapor kepada Babinsa atau petugas terkait di wilayah setempat apabila menemui tanda-tanda kebakaran. Keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam mencegah Karhutla sangatlah berarti," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews