Komitmen Pemerintah Kepulauan Riau untuk Tingkatkan Tata Kelola Melalui Rapat MCP KPK

Komitmen Pemerintah Kepulauan Riau untuk Tingkatkan Tata Kelola Melalui Rapat MCP KPK

Rapat Pemantauan Monitoring Center for Prevention (MCP)

Jakarta, Batamnews, Advertorial - Inspektorat Daerah se-Provinsi Kepulauan Riau diundang oleh Kasatgas Korsupgah Wilayah I Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadiri Rapat Pemantauan Monitoring Center for Prevention (MCP) pada Selasa (22/08). 

Acara tersebut diadakan di Auditorium Lantai 16 Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Kasatgas Korsupgah Wilayah I, Maruli Tua, yang mewakili Direktur Pencegahan KPK, membuka acara tersebut dengan menekankan pentingnya perbaikan tata kelola manajemen pemerintah daerah oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Ini merupakan bagian integral dari rencana aksi pencegahan terhadap prilaku korupsi. 

Tua menyatakan keyakinannya bahwa agenda pemberantasan korupsi harus melampaui aspek penindakan semata dan lebih menekankan pada aspek pencegahan. Aspek pencegahan, menurutnya, merupakan landasan penting yang harus terus ditingkatkan.

Baca juga : Tingkatkan Target Pendapatan Daerah: Pemkot Tanjungpinang Bidik Rp994,4 Miliar pada APBD 2024

Inspektur Daerah Provinsi Kepri, Irmendas, juga ikut berbicara dalam acara tersebut. 

Ia menyampaikan komitmen kepala daerah se-Provinsi Kepri terhadap perbaikan dalam 8 Area Intervensi yang mencakup berbagai aspek penting dalam tata kelola pemerintahan, seperti perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), optimalisasi pajak daerah, pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), dan tata kelola keuangan desa. 

Irmendas menjelaskan bahwa tujuan dari komitmen ini adalah untuk meningkatkan hasil penilaian MCP KPK untuk Kepri dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Joko Kartiko, PIC Verifikator MCP KPK wilayah Provinsi Kepulauan Riau dari Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, menggarisbawahi pentingnya kegiatan seperti ini dalam menyamakan persepsi dan memperkuat sinergi antara administrator di daerah dengan verifikator pusat. 

Baca juga : 69 Pendaftar Siap Bersaing untuk Anggota Komisi Informasi Kepulauan Riau

Kartiko menyatakan bahwa kolaborasi ini akan membantu meningkatkan efisiensi tata kelola pemerintahan secara keseluruhan.

Acara ini merupakan inisiatif dari Inspektorat Daerah Provinsi Kepulauan Riau dan dihadiri oleh Tim Korsupgah Wilayah I KPK, Inspektur Daerah kabupaten/kota se-Kepri, Inspektur Pembantu Khusus (irbansus) kabupaten/kota se-Kepri, Admin MCP KPK kabupaten/kota se-Kepri, serta tim verifikator dari Kemendagri dan OPD terkait di Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau melalui platform zoom.

Melalui kolaborasi ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menegaskan komitmen mereka untuk meningkatkan transparansi dan efektivitas dalam tata kelola pemerintahan daerah, dengan tujuan mewujudkan tata kelola yang lebih baik dan berkualitas dalam upaya mencegah prilaku korupsi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews