Skuad Garuda Wajib Menang Besar atas Timor Leste Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23

Skuad Garuda Wajib Menang Besar atas Timor Leste Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23

Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste jadi penentu untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023. (Foto: PSSI)

Jakarta, Batamnews - Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 semakin terbuka setelah Myanmar bermain imbang 1-1 melawan Kamboja di Stadion PTT pada Sabtu (19/8/2023).

Dalam pertandingan tersebut, Kamboja berhasil mencetak gol lebih dulu melalui aksi Kong Lyhour pada menit ke-13. Namun, Myanmar berhasil menyamakan kedudukan menjelang berakhirnya pertandingan berkat gol yang dicetak oleh Khun Kyaw Zin Hein pada menit ke-88.

Hasil imbang antara Myanmar dan Kamboja ini memberikan peluang bagi Timnas Indonesia U-23 yang akan berhadapan dengan Timor Leste dalam pertandingan penentuan di Grup B pada Minggu (20/8/2023).

Setelah mengalami kekalahan 1-2 dari Malaysia pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-23 harus meraih kemenangan melawan Timor Leste di Stadion Rayong. Kekalahan tersebut menjadikan Indonesia berada di posisi ketiga dalam klasemen Grup B.

Baca juga: Komandan Lanal TBK Resmikan Sekretariat Baru di HUT ke-37 PPAL Rayon Tanjungbalai Karimun

Indonesia tidak hanya perlu meraih kemenangan atas Timor Leste, tetapi juga harus memenangkan pertandingan dengan skor yang signifikan untuk menjaga peluang menjadi runner-up terbaik dan berpotensi lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023.

Dengan meraih kemenangan yang besar atas Timor Leste, Timnas U-23 berpotensi lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik berkat produktivitas gol yang lebih baik. Hal ini terjadi karena pesaing Indonesia dari grup lain dalam perburuan posisi terbaik gagal meraih kemenangan.

Di Grup A, Thailand dianggap sebagai favorit untuk menjadi juara grup. Pesaing Indonesia dalam merebut posisi runner-up terbaik dari Grup A adalah Kamboja dan Myanmar. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada Sabtu (19/8/2023).

Hasil imbang tersebut membuat Myanmar hanya meraih satu poin, karena laga terakhir mereka melawan Brunei Darussalam tidak akan dihitung, mengingat Grup A terdiri dari empat tim, sedangkan grup lain hanya tiga tim.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Timor Leste di Laga Terakhir Grup B Piala AFF U-23

Sementara itu, Kamboja harus menghadapi laga yang sulit melawan Thailand untuk bisa lolos sebagai juara grup. Thailand hanya membutuhkan hasil imbang untuk meraih posisi tersebut. Namun, hasil imbang tidak akan cukup bagi Kamboja untuk bersaing dengan Indonesia jika Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste.

Di Grup C, Vietnam diunggulkan sebagai juara grup. Dengan demikian, pesaing Indonesia di grup ini adalah Laos dan Filipina. Kedua tim juga bermain imbang 2-2 pada pertandingan pertama.

Laos dan Filipina akan menghadapi pertandingan penting melawan Vietnam. Dalam dua pertandingan tersebut, Vietnam hanya perlu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang untuk menjadi juara grup.

Diprediksi bahwa Laos dan Filipina akan mengalami kesulitan melawan Vietnam. Oleh karena itu, salah satu dari Laos atau Filipina hanya akan mendapatkan maksimal dua poin. Jumlah tersebut tidak akan cukup untuk bersaing dengan Indonesia.

Namun, skenario dapat berubah jika salah satu dari Laos atau Filipina berhasil mengalahkan Vietnam. Kemenangan atas Vietnam akan membuat tim tersebut menjadi juara Grup C.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews