Progres Terbaru Proyek Tol Padang - Pekanbaru: 2 Seksi Target Rampung Akhir Tahun

Progres Terbaru Proyek Tol Padang - Pekanbaru: 2 Seksi Target Rampung Akhir Tahun

Dua seksi di jalur Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru terus digesa pengerjaannya (ilustrasi)

Padang, Batamnews - Proyek pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru terus digesa pengerjaannya. Ruas tol Padang-Pekanbaru ini diharapkan bisa  memperkuat konektivitas antara dua pusat ekonomi penting di Sumatera Barat dan Riau. 

PT Hutama Karya (Persero) telah memastikan bahwa proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), terus dipercepat pengerjaannya.

Pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru sepanjang 254 kilometer ini terbagi dalam 6 seksi.

Baca juga: Kapal Karam di Perairan Malaysia: 11 WNI Selamat, 3 Belum Ditemukan

Seksi Pekanbaru-Bangkinang, sepanjang 24,7 km, telah dioperasikan pada September 2022 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Januari 2023.

Sementara dua seksi, Padang-Sicincin dan Bangkinang-Koto Kampar sedang dalam proses pengerjaan.

"Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar dan Seksi Padang-Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana," kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro.
 
Progres konstruksi untuk jalan tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah mencapai 75,13 persen, sementara pengadaan lahan telah mencapai 90,72 persen. 

Baca juga: Kirab Merah Putih di Batam, Ratusan Peserta Tempuh Perjalanan 17 Kilometer

Seksi Padang-Sicincin, dengan panjang 36,6 km, telah mencapai 85,82 persen dalam perkembangan pengadaan lahan dan 36,57 persen dalam konstruksi.

Sementara tiga seksi lainnya, yakni Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar, akan dikerjakan pada tahap IV pembangunan JTTS.

Koentjoro menjelaskan bahwa proyek Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar akan dilengkapi dengan fasilitas struktur seperti underpass, pedestrian, main bridge, overpass, dan barrier gate. Jumlah lajur akan menjadi 2x2 dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam.

Untuk pembangunan seksi Padang-Sicincin, pemerintah Provinsi Sumbara memberikan dukungan penuh terhadap proyek ini. Diantaranya dengan melakukan akselerasi dalam pengadaan lahan khususnya di jalan tol Seksi Padang-Sicincin melalui berbagai strategi.

Baca juga: Polres Anambas Launching Desa Tarempa Barat sebagai Kampung Bebas Narkoba

Hutama Karya sebagai kontraktor pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru menargetkan, dua seksi Padang-Sicincin dan Bangkinang-Koto Kampar rampung pada akhir tahun 2023


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews