Pemerintah Provinsi Kepri Siapkan Anggaran Rp16,528 Miliar untuk Seragam Sekolah Gratis 26.780 Siswa Tahun Depan

Pemerintah Provinsi Kepri Siapkan Anggaran Rp16,528 Miliar untuk Seragam Sekolah Gratis 26.780 Siswa Tahun Depan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat berada bersama siswa SMA di Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews, Advertorial - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) telah mengumumkan rencananya untuk memenuhi permintaan masyarakat dengan memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa dan siswi tingkat SMA, SMK, dan SLB pada tahun 2024 mendatang. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di wilayah tersebut serta meringankan beban ekonomi orangtua siswa.

Total anggaran sebesar Rp16,528 miliar telah dialokasikan untuk penyediaan seragam sekolah gratis bagi 26.780 siswa yang tersebar di berbagai jenjang pendidikan. Seragam ini akan berupa stelan seragam putih-abu-abu serta seragam pramuka. Selain itu, Pemprov Kepri juga akan membebaskan uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) bagi siswa yang kurang mampu.

Baca juga : Jalan Akses Utama Tiban Indah Diresmikan Setelah 10 Tahun Rusak Parah

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menyatakan bahwa kebijakan ini akan membantu meringankan beban orangtua siswa dalam membeli seragam sekolah setiap kali musim penerimaan siswa baru. Ansar berharap bahwa dengan pemberian seragam gratis dan SPP gratis, seluruh anak-anak di Kepri akan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

"Pelan-pelan kita perbaiki pelayanan pendidikan di Kepri. Kita harap semua anak-anak di Kepri bisa sekolah. Tahun 2024 kita siapkan seragam gratis untuk SMA, SMK, dan SLB, serta SPP gratis untuk siswa yang tidak mampu. Membangun Kepri ini butuh SDM yang cerdas dan handal, salah satunya kita topang melalui pendidikan," ujar Ansar pada Selasa (8/8).

Lebih lanjut, Ansar menyampaikan bahwa tujuan utama dari kebijakan ini adalah mendorong kaderisasi dan pembentukan calon pemimpin masa depan melalui pendidikan. Ia berharap bahwa dengan adanya pemberian seragam gratis dan SPP gratis, tidak akan ada lagi alasan bagi anak-anak di Kepri untuk berhenti atau putus sekolah.

"Semua anak-anak Kepri harus sekolah. Karena semua anak Kepri memiliki hak yang sama untuk itu. Melalui bangku sekolah, kaderisasi terbentuk dan calon para pemimpin Kepri di masa depan akan terjaring," tambahnya.

Baca juga : Masyarakat Kepri Mulai Merasakan Manfaat Rumah Singgah: Akses Kesehatan Lebih Mudah dan Terjangkau

Rincian alokasi anggaran untuk pemberian seragam sekolah gratis di tahun 2024 adalah sebagai berikut: 
- SMA: 16.923 siswa dengan anggaran Rp10.153.692.000
- SMK: 9.457 siswa dengan anggaran Rp5.674.464.000
- SLB: 400 siswa dengan anggaran Rp700.000.000

Total keseluruhan mencapai 26.780 siswa dengan total anggaran sebesar Rp16.528.156.000.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung, menambahkan bahwa pada tahun 2023, Pemprov Kepri telah berhasil merealisasikan pemberian seragam gratis untuk siswa SLB dengan anggaran sebesar Rp1,7 miliar. Pada tahun 2024, seragam gratis akan diberikan kepada seluruh siswa SMA, SMK, dan SLB di wilayah tersebut.

"Dalam upaya kami untuk terus meningkatkan akses pendidikan yang merata dan berkualitas, kami percaya bahwa pemberian seragam gratis dan SPP gratis adalah langkah yang tepat dan bermakna bagi perkembangan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau," tutup Andi Agung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews